77 Desa di Cianjur Bakal Gelar Pilkades

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur menjadi salah satu wilayah di Provinsi Jawa barat yang akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak.

Dari 25 kecamatan di Kabupaten Cianjur tercatat sebanyak 77 Desa akan melaksanakan Pilkades serentak dan diperkirakan Pilkades tersebut akan dihelat pada bulan Juli tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial mengatakan, jika merujuk kepada masa habis jabatan sejumlah Kepala Desa pelaksanaan Pilkades dapat digelar dibulan Juli tahun 2022

“Lebih tepatnya pada bulan Juli 2022 akan digelar pesta demokrasi tingkat desa, merujuk pada habisnya masa jabatan sejumlah kepala Desa, ” katanya melalui sambungan telpon Senin (29/03/2021)

Namun menurut Danial, Pihaknya masih menunggu instruksi dan arahan dari pemerintah daerah terkait jadwal Pilkades serentak di Kabupaten Cianjur.

” Pastinya digelar tahun depan, namun mengenai waktu pelaksanaan kami masih menunggu intruksi dari pak Bupati, ” bebernya.

Selain itu menurut nya, untuk alokasi anggaran Pilkades merujuk kepada Perda Nomor 11 tahun 2019 dengan alokasi anggaran dasar sebesar Rp20 juta per desa untuk melaksanakan Pilkades tersebut kemudian ditambah Rp 5 ribu per jiwa dikali hak pilih.

” Untuk anggaran pelaksanaan Pilkades serentak, Pemerintah Kabupaten Cianjur tetap akan memberikan subsidi dana dari APBD Kabupaten Cianjur, ” ungkapnya.

Lanjut Danial, untuk pelaksanaan teknisnya tidak berbeda dengan Pilkades serentak sebelumnya, dengan diawali tahapan awal yaitu pembentukan panitia dengan berbagai bimbingan teknis.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan tahapan pendaftaran bakal calon, penjaringan calon, hingga proses penetapan bakal calon menjadi calon.

” Berdasarkan aturan nantinya bakal calon Kades harus ada minimal dua orang. Jika belum ada akan terus diperpanjang masa pendaftaran oleh panitia penyelenggara, ” tandasnya (cr1)