Buang Sampah Sembarangan, Warga di Sukaluyu Dihukum Sanksi Sosial

RADARCIANJUR.com – Seorang pria berinisial HN (38) warga di luar Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) sedang membuang sampah oleh warga Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu, Rabu (31/3/2021).

HN tertangkap karena membuang sampah sampah sembarangan di sekitar jalan Cimuncang Desa Tanjungsari. Selain tertangkap tangan warga juga mengamankan barang bukti berupa identitas pelaku.

Ketua Karangtaruna Desa Tanjungsari, Erab mengatakan, awalnya seorang warga melaporkan adanya orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

“Kami dari Karangtaruna, aparatur desa dan warga langsung ke lokasi, memeriksa barang yang dibuang pelaku,” Katanya.

Lanjut Erab, pihaknya mendapati adanya barangbukti identitas pelakunya. Kemudian pihaknya langsung mendatangi rumah pelaku untuk di mintai pertanggungjawaban.

“Pelaku pembuang sampah langsung diberikan hukuman sanksi sosial dengan membersihkan sampah,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Tanjungsari, Waldi Akbar Yakub membenarkan, bahwa warga dan karangtaruna telah menangkap warga luar Desa Tanjungsari yang membuang sampah sembarangan di wilayahnya.

“Yah memang betul.Pemdes Tanjungsari, Karangtaruna beserta warga telah menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan, ” terangnya.

Untuk pencegahan pihak desa dan warga sepakat memantau beberapa lokasi yang sering dijadikan warga luar membuang sampah. Selain itu, pihaknya juga telah memasang spanduk dan himbauan.

“Kami kan sudah membuat himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan di Desa Tanjungsari. Namun, masih ada saja yang membuang. Kami juga ke depannya akan memasang CCTV dilokasi yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan,” tandasnya. (cr1)