Batulawang Kembali Mencekam, Satu Rumah Ambruk

PERGERAKAN TANAH: Pergeseran tanah tambahan di Kampung Sindanglangu Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur kembali semakin meluas. Foto: Dadan Suherman Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pergeseran tanah tambahan di Kampung Sindanglangu Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur kembali semakin meluas.

Bahkan menurut informasi yang diterima radarcianjur.com, satu rumah warga dikabarkan ambruk setelah sekian lama dikosongkan oleh para penghuninya.

“Jadi di sekitar rumah milik salah seorang warga bernama Yusuf roboh. Namun itu juga memang telah dikosongkan sebelum kejadian,” ujar Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batulawang, Erwan Herdiawan kepada radarcianjur.com, Kamis (1/4/2021).

Selain itu, akibat dari retakan tambahan yang terus terjadi, rumah milik warga tersebut semulanya sempat condong ke belakang. Namun karena pergerakan yang terus-menerus, ditambah adanya hujan dengan cukup lama, rumah itu akhirnya ambruk sekitar pukul 17.50, pada Rabu (31/03/2021).

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa kang. Hanya kerugian material saja. Tetapi itupun rumahnya sudah dikosongkan,” kata dia.

Di sisi lain, pihak pemerintahan desa Batulawang sendiri untuk sementara telah melaporkan ke dinas terkait bahkan hampir setiap hari sudah mengecek ke lokasi terjadinya pergerakan tanah.

“Untuk warga yang hampir terancam, kami juga selalu imbau agar lebih berhati-hati di setiap waktunya. Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan kita semua,” tandasnya. (dan)