Perketat Keamanan, Setiap Gereja di Cianjur Dijaga Petugas Gabungan

TAK ADA CELAH: Petugas gabungan memastikan aman bagi jemaat gereja yang melaksanakan ibadah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Pada peringatan Wafatnya Isa Al-Masih dan Paskah, semua gereja di Kabupaten Cianjur mulai dijaga aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Brimob secara ketat. Penjagaan tersebut akan terus dilakukan hingga jemaat yang tengah beribadah bisa merasa aman.

Selain itu, penjagaan tersebut mengantisipasi dan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi sebelumnya.

Kabags Ops Polres Cianjur, Kompol Alan Haekal menjelaskan, pihaknya meningkatkan kegiatan preventif yaitu patroli dan penjagaan di semua gereja yang melaksanakan ibadah.

“Dilatarbelakangi kejadian kemarin di Sulsel dan di Jakarta, kita antisipasi hal itu tidak terjadi di Kabupaten Cianjur,” ujarnya saat ditemui di Gereja Kristen Pasundan.

Alan mengungkapkan, pihaknya melibatkan 2/3 kekuatan kepolisian atau sekitar 960 personel. Penjagaan dilakukan dengan mekanisme shift per hari.

“Semua gereja di wilayah kot, kemudian wilayah Ciranjang, Sukaresmi, Pacet, Cipanas kita jaga gabungan dengan Polsek, Koramil, Kodim dan Brimob juga,” jelasnya.

Sebelum penjagaan, pihaknya sudah melakukan ploting anggota di tiap gereja. Mereka bertugas melakukan sterilisasi sebelum ibadah dilakukan juga mengantisipasi ada barang mencurigakan seperti bom.

“Jadi sebelum kita melaksanakan penjagaan kita sudah ada ploting personil yang melakukan pengamanan di gereja-gereja setiap harinya, tugas mereka ploting di gereja itu melaksanakan sterilisasi Sebelum melaksanakan ibadah gereja dimulai,” ungkapnya

Hingga kini, tidak ada hal yang dicuriagi oleh pihak kepolisian. Ia berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti aksi terorisme di Cianjur.

“Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, intinya Polri bersinergi dengan TNI, Brimob, Pol PP siap melaksanakan pengamanan,” paparnya

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat kristiani yang melaksanakan ibadah untuk tenang karena kepolisian dan aparat lainnya siap mengamankan dari hal yang tidak diinginkan

“Juga untuk masyarakat Cianjur khususnya ikut bersama-sama membantu mengamankan rekan-rekan kita yang melaksanakan ibadah Paskah kemudian apabila dari informasi di luaran orang-orang yang dicurigai silakan cepat dilaporkan ke bhabinkamtibmas atau Babinsa atau ke Polsek atau Polres,” tutupnya. (kim)