Lompat Pagar VVIP, Penyusup Masuk Kantor Jokowi, Ditangkap Paspampres

RADARCIANJUR.com-Seorang pria berinisial AB mencoba menyusup dan berusaha masuk ke area Istana Bogor, Jawa Barat. Penyusup itu hendak masuk kantor Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan cara melompati pagar pintu 3 VVIP malam hari.

Usai sempat melompati pagar pintu 3 jalur Very Very Important People (VVIP) atau Kebun Raya Bogor (KRB), penyusup ini lalu diamankan anggota TNI dan Paspampres.

Anggota TNI dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengamankan seorang pria berinisial AB karena mencoba berusaha masuk mendekati area Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kepala Penerangan Korem 061 Suryakencana Mayor Inf Ermansyah mengatakan, saat itu salah satu prajurit TNI Yon Armed 5/Tarik, sedang melaksanakan tugas pengamanan PAM VVIP dan instalasi objek vital (Istana Bogor) di Pos Pintu 3 Kebun Raya Bogor, Selasa (16/3) malam.

Sekitar pukul 20.05 WIB, anggota yang bertugas di lokasi melihat gerak gerik mencurigakan dari arah pintu 3 Kebun Raya Bogor atau pintu 3 jalur VVIP.

“Anggota yang sedang bertugas melihat pria tersebut melompati pagar pintu 3 Kebun Raya Bogor, kemudian langsung diamankan dan diserahkan ke Polresta untuk diperiksa,” kata Ermansyah seperti dikutip PojokSatu (Jawa Pos Group), Senin (5/4).

Kapenrem 061 ini menyebutkan, KRB masuk ke dalam kawasan zona VVIP karena berada di dalam komplek Istana Bogor yang kini menjadi kediaman sehari-hari Presiden Jokowi.

Sebab itu, penjagaan di sana menjadi lebih ketat karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan presiden selama tinggal di Istana Bogor.

Ia juga menambahkan, atas tindakan pengamanan tersebut, Korem 061 Suryakencana telah memberikan penghargaan terhadap beberapa prajurit TNI yang melakukan penangkapan itu. “Kita tahu semenjak jadi kepala negara, Pak Presiden Joko Widodo lebih memilih tinggal di Istana Bogor yang lokasinya berada di dalam area Kebun Raya Bogor,” ungkapnya.(jpc)