Plt Bupati Ajak Investor Luar Wajib Miliki NPWP Cianjur

Plt Bupati Herman Suherman Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Pemerintah kabupaten Cianjur mendorong bagi para investor atau penanam modal dari luar yang menjadi pelaku usaha di kota tauco ini, wajib memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) Cianjur.

“Jadi sekarang itu hampir masih ada para investor yang memiliki usaha disini, tapi bayar pajaknya di luar Cianjur, khususnya ke ibukota,” ujar Plt Bupati, Herman Suherman di Pendopo Pemkab Cianjur, Kamis (8/4/2021).

Dengan begitu, Herman bakal mengingatkan kembali ke para pelaku bisnis besar supaya lebih memperhatikan wajib pajak yang bayar pajaknya masih berada di luar Cianjur.

“Potensinya miliaran, ke depan setiap yang berinvestasi wajib membuat NPWP agar pajaknya bisa dinikmati oleh warga Cianjur,” kata Herman.

Herman menyebutkan, dari 700 yang wajib pajak di luar Cianjur, baru 20 persen pajak yang bisa ditarik dari potensi pajak yang ada untuk kabupaten Cianjur.

“Jadi masih cukup banyak pelaku usaha seperti hotel dan villa di Cipanas yang memang belum bisa ditarik pajaknya karena disewakan,” ujar Herman.

“Kami telah melakukan uji petik terhadap satu villa yang disewakan semalamnya ada yang mencapai Rp 5 juta,” sambungnya.

Herman menambahkan, ada beberapa strategi lainnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di antaranya pembuatan BUMD. (dan)