Stok Vaksin di Puskesmas Cianjur Kota Hanya Tinggal 130 Dosis

MULAI BERKURANG: Vaksin di Puskesmas Cianjur Kota mulai berkurang, saat ini tengah menanti stok vaksin baru yang sudah diajukan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Ketersediaan vaksin di Puskesmas Cianjur Kota mulai menipis. Saat ini, ketersediaan vaksin hanya sebanyak 130 dosis dan diperuntukan vaksinasi dosis kedua yang akan dilaksanakan pada Senin (12/4). Sementara untuk vaksinasi tahap pertama lainnya masih akan menunggu stok baru yang tengah diajukan pihak puskesmas.

Stok vaksin tersebut tentu sedikit menjadi kendala untuk tahap pertama. Jika hingga Senin mendatang stok baru belum tiba di Cianjur, maka kegiatan vaksinasi tidak akan dilakukan atau ditunda terlebih dahulu.

Kepala Puskesmas Cianjur Kota, dr Gusnadi Rama Anggita mengatakan, meski ketersediaan terbatas, tetap pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tetap dilakukan dan tidak menggangu pelaksaannya.

“Dengan keterlambatan tentunya menjadi kendala. Jika hingga Senin stok baru belum ada, kegiatan vaksinasi belum dilakukan atau ditunda,” ujarnya.

Pihaknya pun sudah melakukan pengajuan pengadaan vaksin untuk tahap selanjutnya sebanyak 180 dosis dikhususkan di Puskesmas Cianjur Kota di bulan April 2021. Selain itu, habisnya stok vaksin dikarenakan antusias dari masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi.

“Dosis kedua tidak berpengaruh, tapi fokus ke dosis yang kedua. Untuk pelaksanaan dosis pertama tergantung kedatangan stok yang baru, jika stok datang bisa dialokasikan untuk dosis pertama dan kedua,”

Mengenai pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan tetap akan dilakukan, namun pelaksanaannya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat maupun provinsi. Sehingga daerah masih belum bisa menentukan kapan waktu pelaksanaan vaksinasi dilakukan.

“Di bulan Ramadan tetap jalan, tapi teknisnya mengikuti dari pusat atau provinsi,” tutupnya. (kim)