Bantuan Rutilahu Baznas Kerap Disalahgunakan

Ketua Baznas Kecamatan Sukaluyu, Hamdan

RADARCIANJUR.com – Ditengah pandemi Covid-19 program rehabilitasi rutilahu (rumah tidak layak huni) yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur masih terus berjalan melalui Baznas tiap Kecamatan.

Seperti halnya program Rutilahu yang akan di laksanakan Baznas Kecamatan Sukaluyu dengan menyasar beberapa Desa di wilayah tersebut.

Dikonfirmasi Radar Cianjur Ketua Baznas Kecamatan Sukaluyu Hamdan mengatakan, pembangunan Rutilahu diberikan kepada penerima dapat berbentuk uang maupun barang.

“Kita berikan bantuan kepada penerima berupa uang senilai 10 juta rupiah. Ada juga yang kita berikan berupa barang bahan bangunan,” katanya kepada Radar Cianjur, Sabtu 11/04/2021.

Namun diakui Hamdan, pemberian bantuan uang kepada penerima Rutilahu kerap tidak efektif, karena banyak masyarakat menggunakan uang tersebut tidak untuk membeli keperluan bahan bangunan.

“Ada juga masyarakat yang diberikan uang yang harusnya dibelikan bahan bangunan malah dibelikan keperluan lain, seperti pakai modal usaha dan lainnya,” tuturnya.

Sehingga kedepannya Rutilahu akan diberikan berupa barang bahan bangunan kepada masyarakat penerima.

” Kemarin sudah ada pembahasan bersama ketua Baznas Kabupaten Cianjur, untuk periode sekarang tidak akan ada lagi bantuan berupa uang akan tetapi berbentuk barang,” bebernya.

Selain itu Hamdan menuturkan, Kecamatan Sukaluyu menerima bantuan untuk Rutilahu sejumlah 5 unit di 5 Desa. Akan tetapi baru satu warga mengundurkan diri sehingga saat ini dapat terealisasi 4 unit rumah.

“Jatahnya kan 5, hanya saja ada warga penerima mengundurkan diri sehingga yang tersisa 4 dan ada sisa nanti di alokasikan ke Desa lain,” tandasnya.(cr1)