Warga Desa Sukamaju Pertahanan Tradisi Papajar

Tradisi Papajar

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur memiliki budaya unik ketika menjelang Bulan Ramadan. Budaya yang sudah ada sejak dulu dan bertahan hingga sekarang itu dikenal dengan istilah papajar.

Masyarakat biasanya beramai-ramai berwisata baik mengunjungi sanak keluarga, berkumpul dengan masyarakat tempat tinggalnya, wisata alam hingga pergi ke pantai bersama keluarga dengan membawa bekal aneka makanan ataupun memasak ramai-ramai untuk disantap bersama, bagi masyarakat Sunda disebut botram.

Seperti halnya yang dilakukan masyarakat kampung Warungkiara RT.03 RW 09 Desa sukamaju, Kecamatan Cianjur yang mempunyai tradisi unik botram nasi liwet menjelang Ramadhan.

Ketua RT setempat Ferry Rustandi (30) mengatakan, kegiatan tersebut lumrah dilakukan masyarakat kampungnya setiap menjelang bulan Ramadhan.

” Memang tradisi ini sudah ada di kampung ini sejak zaman leluhur kami dan sampai saat ini masih bertahan dan sering diadakan masyarakat,” katanya.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan acara gotong royong membangun pos ronda yang letaknya tak jauh dari halaman Masjid Jam’i yang dipakai sebagai tempat acara botram nasi liwet tersebut.

” Sebelum makan kita juga lakukan gotong royong bangun pos ronda di ke RT an 03,” bebernya.

Eko Irawan warga kampung Warungkiara RT.03 RW 09 mengaku senang dengan acara yang diadakan di ke RT an nya.

” Yah, senang juga ada acara ini menjelang bulan Ramadhan.Acaranya sederhana gak memakai dana yang besar juga,” ungkapnya.

Menurutnya ditengah pendemi Covid 19 ini dirinya lebih mendengarkan himbauan pemerintah agar tidak berkurumun di tempat wisata.

” Lebih mendengarkan himbauan pemerintah juga, dari pada di tempat wisata. Lebih enak papajar di kampung sendiri,” tandasnya.(cr1)