Jelang Puasa, Pengunjung Pasar Rakyat Cipanas Naik 50 Persen

Pasar Cipanas

RADARCIANJUR.com – Pasar rakyat Cipanas kabupaten Cianjur padat dikunjungi warga dari berbagai daerah jelang tibanya Bulan Ramadan 1442 Hijriah atau tahun 2021.

Pasar tradisional yang cukup banyak pedagangnya ini menjadi salah satu tujuan warga dalam memenuhi kebutuhan jelang puasa Ramadhan yang kemungkinan akan dimulai Selasa (13/4/2021) esok.

Pantauan radarcianjur.com, sejak beberapa hari kemarin hingga H-1 puasa, pasar yang menjual berbagai kebutuhan dapur seperti sayuran, ikan, buah-buahan dan lainnya ini, memang selalu ramai diserbu warga.

“Iya kang jelang puasa ini, apalagi sekarang biasa disebut munggahan, pengunjung pasar terjadi lonjakan hingga 50 persen dibandingkan dengan hari-hari biasanya,” ujar Kepala UPTD Pasar Rakyat Cipanas, Heru Haerul Hakim saat dihubungi, Senin (12/4).

Bahkan ia menyebut, tahun ini bisa disebut tahun yang cukup baik. Karena menurutnya, meski masih di pandemi Covid 19, pengunjung pasar tahun ini masih terbilang meningkat.

“Kalau tahun kemarin di awal-awal masa pandemi itu pengunjung pasar hanya mengalami peningkatan sekitar 25 persen di waktu yang sama. Tapi sekarang Alhamdulillah kang naik lagi jadi 50 persen,” kata dia.

Terpisah, salah satu pengunjung pasar Cipanas, Siti Aisyah (30) sekaligus ibu rumah tangga mengatakan, dia sudah biasa melakukan transaksi jual beli di pasar tersebut karena sangat representatif lokasinya. Termasuk lahannya juga cukup luas dan bersih, tertata dengan baik, sehingga mudah di jangkau dan yang pasti bisa saling nego.

“Biasa belanja ke pasar Cipanas sih kang. Kebetulan rumah di Pacet. Apalagi besok kan sudah bakalan puasa. Jadi beli kebutuhan buat sahur dan buka puasa besok untuk keluarga,” kata dia.

“Sekaligus yang dibeli itu sebagian distok, dan saya simpan di kulkas sebelum dibuat makanan,” sambungnya, Senin (12/4/2021). (dan)