DPRD Cianjur : Sekda Baru Harus Bisa Jabarkan Keinginan Masyarakat

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur merupakan salah satu motor penggerak dalam roda pemerintahan di Kabupaten Cianjur. Saat ini, posisi Sekda Kabupaten Cianjur diisi oleh Pjs.

Sehingga lelang pun dilakukan dan bermunculan lima nama pejabat dari berbagai dinas dengan tingkatan eselon II B. Dari keseluruhan pejabat yang mendaftar, ternyata ada kriteria yang diharapkan oleh Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur.

Kriteria yang diinginkan tidak banyak dan tidaklah berat. Sekda mendatang bisa menjadi jembatan komunikasi antar pemerintah daerah dan legislatif. Pasalnya, sekda sebagai roda atau motor penggerak harus bisa mengakomodir jalannya pemerintahan.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Isnaeni mengatakan, kelima calon Sekda Kabupaten Cianjur tersebut menurutnya sudah masuk dalam kualitas dan dinilai cocok. Hanya saja, perlu melalui proses verifikasi terlebih dahulu.

“Semua bagus, namun itu harus melihat hasil nanti setelah verifikasi dari panitia seleksi (pansel),” ujarnya.

Lanjutnya, yang terpenting, nantinya Sekda bisa menjabarkan segala keinginan masyarakat melalui progaram yang direncanakan bupati. Sehingga apa yang menjadi permasalahan di masyarakat bisa dimasukan ke dalam anggaran.

“Sekda itu kan pengguna anggaran, jadi semua keinginan dan permasalahan masyarakat harus mampu dijabarkan melalui progam yang direncanakan bupati,” terangnya.

Isnaeni berharap, Sekda yang baru kelak bisa diterima oleh berbagai pihak dan mampu memimpin serta mengkomunikasikan kepentingan-kepentingan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Cianjur. (kim)