Geliat Ekonomi di Masa Pandemi, Bazar Kuliner Ramadan Pasar Cipanas Tetap Buka

Antusias: Warga yang tengah membeli menu takjil untuk berbuka puasa. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com -Tiap menjelang berbuka, masyarakat kerap memilih menu makanan dan minuman sembari menunggu adzan Maghrib tiba. Salah satu lokasi yang bisa menjadi referensi yang cukup ragam dan laris, yakni bazar kuliner Ramadan yang digelar di kawasan selatan Pasar Cipanas.

Di lokasi tersebut, menu takjil makanan ringan hingga beragam hidangan tersedia. Pasar ini juga sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha UPTD Pasar Cipanas, Iman Rohiman mengatakan, bazar kuliner ini menjadi tahun ke-7 yang digelar berturut-turut. Diharapkan, bisa menopang ekonomi warga apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Memang dirasa sangat membantu bagi warga, meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini, terutama buat para pedagang,” ungkapnya, Jumat (16/4).

Di lokasi itu, terdapat 25 penjual yang berpartisipasi. Diakuinya memang menurun dibanding tahun sebelumnya. Sebab di setiap desa di Kecamatan Cipanas juga menggelar bazar yang sama.

“Selain karena masa pandemi, tahun ini beberapa penjual juga mungkin lebih memilih berjualan di tempat lain,” kata dia.

Kendati demikian, keberadaan bazar ini bisa tetap memberikan pemasukan kepada para pedagang makanan yang tak bisa berjualan saat siang hari selama puasa.

Sementara itu, Deden (35), salah seorang pengunjung mengaku cukup terbantu dengan adanya bazar yang menyediakan menu berbuka puasa.

“Cukup komplit, mau apa saja ada. Kalau bosen menu ini bisa ganti itu, makanan minuman termasuk kolak juga banyak,” kata dia.

Setiap tahun tempat ini sudah biasa disulap menjadi tempat kuliner berbuka puasa, jadi warga sudah tak sulit lagi mencari menu untuk berbuka puasa.(dan)