Niat Mencuri Ikan di Jangari, Malah Terciduk Warga dan Petugas

TERTANGKAP JUGA: YY (50) diamankan oleh masyarakat bersama petugas Polair Polres Cianjur dan Anggota Brimob yang tengah melakukan ronda di Waduk Jangari Kecamatan Mande. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Masyarakat di sekitar Waduk Jangari Kecamatan Mande geram dengan sering hilangnya ikan yang ada di jaring apung milik masyarakat sekitar. Bukan hanya sekali. Namun kehilangan ikan tersebut sering terjadi, sehingga mengakibatkan masyarakat merugi cukup banyak. Selain itu, kejadian tersebut bukan hanya terjadi di Kabupaten Cianjur, tapi hingga Kabupaten Bandung Barat.

Akibat kejadian tersebut, masyarakat sekitar bersama dengan Polair Polres Cianjur dan anggota Brimob melakukan ronda dan memantau tersangka pencuri ikan. Setelah semalaman dipantau, akhirnya tersangka yang tengah mengambil ikan di salah satu jaring milik masyarakat pun diciduk sekitar pukul 5.00 WIB. Tersangka berinisial YY (50) merupakan warga asal Kampung Cibogo Rt3 Rw4 Desa Cipendeuy Kecamatan Cipendeuy Kabupaten Bandung Barat. Tak hanya satu jaring yang dicurinya, namun hingga 18 jaring apung yang sudah digarapnya sendiri.

Ketua Kelompok Petani Keramba Jaring Apung (KPKJA) Cirata, Habib Wawan mengatakan, sudah 18 titik tersangka melakukan pencurian ikan mengelilingi waduk seperti ke daerah Cisalak, Jati Nenggang, Cilingcing dan Bandung Barat.

“Itu operasinya keliling, bahkan punya saudaranya sendiri pun dicuri,” ujarnya.

Lanjutnya, dari informasi yang berhasil dikembangkan, ternyata penadah pun mengetahui bahwa ikan yang dibeli merupakan hasil dari pencurian. Mendapatkan informasi mengenai adanya pencurian, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Mande pun langsung menuju lokasi kejadian untuk membawa pelaku ke kantor polisi agar tidak diamuk masyarakat sekitar.

Kapolsek Mande, AKP Faizal mengatakan, kejadian tersebut saat ini tengah diselidiki pihak kepolisian. Pihaknya mengamankan pelaku agar tidak dihakimi oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, masyarakat sekitar sudah sangat geram dengan terjadinya pencurian ini.

“Masih kita kembangkan kasus ini, saat ini kita masih menunggu pelapor ke kantor Polsek Mande,” singkatnya. (kim)