Bulan Ramadan, Penjual Buah-buahan di Pasar Cipanas Kebanjiran Rezeki

Penjual buah-buahan di pasar Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriyah pedagang buah-buahan di Pasar Rakyat Cipanas kebanjiran rejeki.

Hal tersebut disebabkan karena konsumsi buah-buahan bagi warga yang melaksanakan ibadah puasa dinilai cukup membantu daya tahan tubuh serta menjadi asupan gizi yang sehat. Sehingga penjualannya cukup meningkat.

Rahmat (36) Salah seorang penjual buah-buahan mengaku, daya jual beberapa jenis buah saat memasuki Puasa, mengalami peningkatan hingga 30 persen.

“Iya Alhamdulillah kang, walaupun harga buah-buahan sebagian besar naik, tapi daya beli juga lumayan meningkat. Mungkin karena warga banyak yang butuh,” ujar Rahmat saat ditemui di lapaknya, Jum’at (16/4/2021) sore.

Di sisi lain, ia menyebutkan, beberapa harga buah-buahan yang mengalami kenaikan itu diantaranya, jenis jeruk Ambon, melon dan semangka. Rata-rata mengalami kenaikan hingga Rp 5 ribu per kilogramnya.

“Untuk jeruk sendiri, sebelum Ramadan menjual dengan harga Rp 20 ribu per kilogram, kini bisa menjual Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo. Gimana ukuran dan jenisnya,” jelas Rahmat.

Selain itu, ia menyebutkan, untuk harga semangka pun mengalami kenaikan hingga 50% dibandingkan sebelum Ramadan.

“Untuk semangka, asalnya biasa saya jual Rp 4 ribu per kilogram, kini bisa menjual Rp 8 ribu per kilonya,” kata dia.

Adapun untuk pasokan buah-buahan sendiri, kata Rahmat, sedikit mengalami penurunan. Kemungkinan karena adanya kebutuhan yang banyak, jadi pasokan dari hulu disebar ke pasar-pasar lainnya.

“Mungkin karena banyak yang ngebutuhin juga kang di pasar lain. Jadi untuk pasokan, ia pinter-pinter kita aja memintanya,” kata dia.

Selain itu, ia memperkirakan bahwa peningkatan daya beli buah kini bisa terjadi hingga menjelang lebaran nanti. Sebab, biasanya warga akan membeli untuk kebutuhan parsel buah.

“Iya mudah-mudahan saja kang. Biasanya seminggu sebelum lebaran, yang pesen parsel buah sering ada dan cukup banyak,” tandasnya. (dan)