Dongkrak Ekonomi, Pemdes Cipanas Siapkan Puluhan Stand Bazar Gratis

Dijajakan: Sejumlah pelaku UMKM Desa Cipanas tengah menjajakkan hasil produknya di sepanjang jalan depan kantor desa. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi meningkatkan ekonomi di masa pandemi Covid-19, khususnya di bulan suci Ramadan, Pemerintah Desa Cipanas resmi membuka festival bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berlangsung di sepanjang jalan depan kantor desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Jum’at (16/4/2021).

Kepala Desa Cipanas, H. Agus Sahputra mengatakan, pada prinsipnya Pemdes mengadakan event UMKM ini adalah menindaklanjuti salah satu program dari pemerintah kabupaten (Pemkab), yakni mewujudkan 10.000 UMKM di tatar santri ini.

“Apalagi di masa pandemi Covid 19 seperti ini, hampir rata-rata semua usaha itu mengalami keterpurukan. Makanya kami Pemdes Cipanas Cipanas ingin memberikan sebuah fasilitas bagi para pelaku UMKM supaya terus menggeliat usahanya,” tutur Agus kepada radarcianjur.com

Dalam usaha UMKM yang ada di desa Cipanas, ia menyebut, bukan hanya berbentuk makanan saja, tetapi kerajinan tangan maupun usaha lainnya termasuk kerajinan dari hasil pertanian dan sebagainya.

“Fasilitas yang kami sediakan, apalagi di bulan Ramadan ini tidak berbayar, alias gratis. Yang terpenting bagi kami dari pemdes, ingin berupaya selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata dia.

Selain itu, para pelaku usaha yang mengikuti dalam bazar festival UMKM Desa Cipanas ini kurang lebih mencapai pedagang yang mendaftar. Namun lanjut Agus, yang kini sudah membuka stand, telah terisi sekitar 25 UMKM.

“Kemungkinan untuk yang sebagiannya lagi, akan terisi di puasa ke-7. Karena mungkin seminggu awal puasa, biasanya warga itu masih kumpul bareng keluarga, jadi lebih memilih di rumah,” ujarnya.

Oleh karenanya, Agus berharap, adanya program seperti ini, jelas bisa menggenjot ekonomi para pelaku usaha. Sehingga roda perekonomian masyarakat di desa khususnya para pedagang kecil, bisa terus maju dan berkembang. (dan)