Pemkab Cianjur Imbau Pembayaran THR Wajib Sesuai Aturan

ILUSTRASI: Foto uang hasil gaji bekerja.(dok Jawapos)

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur telah mengimbau kepada para perusahaan, untuk mewajibkan membayar penuh tunjangan hari raya (THR) kepada pekerjanya sesuai peraturan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebagimana diketahui, Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021, tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, mengharuskan seluruh perusahaan, baik terdampak oleh pandemi Covid-19 maupun tidak, agar membayar THR secara utuh dan tepat waktu sebelum hari raya Lebaran.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur, Aries Heriansyah menyebut, bahwa sudah jelas dalam aturan, terkait pelaksanaan THR, pembayarannya harus dilakukan sebelum Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah. Karena telah diperkuat dengan surat edaran menteri.

“Kami akan melakukan pengawasan kepada perusahaan-perusahaan agar mau membayar THR secara utuh kepada pekerjanya sesuai aturan,” ujar Aries kepada wartawan, Senin (19/4/2021).

Ia menjelaskan, apabila ada perusahaan yang tidak mampu dalam hal yang disebutkan tadi, lebih baik melakukan mekanisme sesuai ketentuan yang tertera dalam surat edaran.

“Kami meminta perusahaan mau membayar THR secara utuh, dan patuh terhadap surat edaran yang sudah diterbitkan,” ucapnya.

“Karena ini kan sudah jelas aturannya, makanya bagi semua perusahaan yang sudah sesuai, harus melaksanakannya,” tambah dia. (dan)