TPT Desa Cibulakan Ambrol, Pemdes Harapkan Bantuan Pemkab

BERBAHAYA: Satu rumah warga terancam tepat di atas TPT di Kampung Panumbangan Rt3 Rw1 Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Tebing setinggi empat meter di Kampung Panumbangan Rt3 Rw1 Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang ambruk pada Rabu (15/4) malam. Pasca kejadian tesebut, satu rumah warga terancam runtuh. Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Cibulakan tengah melakukan upaya agar rutuhnya tebih yang tepat di bawa tembok penahan tanah (TPT) bisa diatasi.

Namun, saat ini, pihak Pemdes Cibulakan masih menanti bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk perbaikan. Pasalnya, anggaran desa saat ini belum mencukupi untuk melakukan perbaikan TPT tersebut. Terlebih, dana desa (DD) baru akan keluar pada tahun 2022.

“Ini pasca kejadian tanggal 15 kemarin cukup membahayakan masyarakat, terlebih ini satu rumah warga yang tepat di atasnya. Kita khawatir amblas ke bawah,” ujar Kades Cibulakan, Baden Zaki.

Sementara ini, Pemdes Cibulakan pun mengalirkan air yang ada di TPT dengan menggukan alat bondek yang terbuat dari logam atau seng dan ditahan dengan menggunakan bambu panjang.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, terlebih di saat musim hujan dengan intensitas tinggi seperti saat ini. Karena, bencana tidak diketahui kapan akan datang.

“Saya meminta kepada segenap masyarakat untuk selalu waspada agar bisa mengantisipasi terjadinya bencana alam, terlebih saat ini huja selalu deras disertai angin kencang,” tutupnya. (kim)