Kandidat Sekda Cianjur Mengerucut di Tiga Nama

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Calon Sekretaris Daerah (Sekdar) Kabupaten Cianjur yang sebelumnya memiliki lima orang kandidat, saat ini sudah mengkerucut menjadi tiga orang setelah melewati tahapan seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi (pansel).

Nama-nama lima kandidat sebelumnya yakni Kepala DPTPSP, Cecep Alamsyah; Inspektur Inspektorat Daerah, Arief Purnawan; Kepala Diskominfosantik, Teddy Artiawan; Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Hendry Ferdian Martin dan Kepala BPKAD, Dedi Sudrajat.

Namun, yang saat ini sudah lolos atau yang tersisa tiga orang kandidat tersebut yakni Inspektur Inspektorat Daerah, Arief Purnawan; Kepala DPTPSP, Cecep Alamsyah dan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Hendry Ferdian.

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib mengatakan, sesuai tahapan, saat ini sudah diumumkan tiga besar kandidat yang lolos. Untuk tahapan selanjutnya, pansel akan bersurat ke Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengenai hasil tersebut.

“Nanti setelah bersurat, Pak Bupati akan menentukan siapa yang akan menjadi Sekda Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Setelah ditentukan, nantinya calon tunggal tersebut akan diusulkan ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk mendapatkan rekomendasi yang nantinya turut juga dilaporkan ke Komisi ASN. Ketika semua rekomendasi telah selesai, maka tahapan selanjutnya akan dilakukan pelantikan.

“Selanjutnya diusulkan ke Gubernur Jawa Barat untuk mendapatkan rekomendasi, tahapan selanjutnya dilaporkan ke Komisi ASN,” tuturnya.

Pelantikan tersebut direncanakan dilakukan sebelum dilantiknya Bupati Cianjur Terpilih, Herman Suherman. Dari informasi yang terhimpun, rencananya Sekda Kabupaten Cianjur yang baru akan dilantik sekitar tanggal 7 Mei 2021.

“Insya allah sebelum dilantiknya Pak Bupati, jadi Sekda rencananya tanggal 7 Mei 2021,” tutupnya. (kim)