Larangan Mudik Dipercepat, Ini Respon Dishub Cianjur

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Larangan mudik mulai diberlakukan di Kabupaten Cianjur pada hari ini tepatnya Kamis 22 April 2021.

Pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan addendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 tengan Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Peniadaan tersebut dalam rangka menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Larangan tersebut pun sudah dimulai sejak tanggal 22 April-24 Mei 2021 mendatang dan larangan ini lebih cepat dari sebelumnya yakni tanggal 6-17 Mei 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Umum Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur (Dishub) Hendra Wira mengatakan, Kabupaten Cianjur memberlakukan pengetatan pelaku perjalanan dalam negeri (P3DN).

“Wajib menunjukkan hasil negatif dari rapid tes PCR atau genose 1×24 jam sebelum keberangkatan. Kecuali anak dibawah umur 5 th pada masa yg ditentukan diatas,”katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telpon, Kamis (22/04/2021).

Menurut Hendra pihaknya, akan melakukan sosialisasi agar masyarakat Kabupaten Cianjur tidak melakukan mudik.

“Untuk sementara kami akan menginformasikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.Untuk leaflet dan spanduk sedang kami persiapkan,”tuturnya.

Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan agar diantara masyarakat tidak terjadi kesalahfahaman.

“Mudah- mudahan tidak salah pengertian, kalau dari Cianjur ke Cianjur selatan itu bukan termasuk mudik. Karena masih dalam 1 wilayah kabupaten Cianjur,”ungkapnya. (cr1)