MUI Cianjur Tolak Warung Nasi Buka Siang Hari

Ketua MUI Kabupaten Cianjur KH Aang Abdul Rouf
Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Aang Abdul Rouf

RADARCIANJUR.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, KH Abdul Ra’uf menolak keras jika ada warung nasi yang sengaja buka di waktu siang pada bulan Suci Ramadhan saat ini.

“Kalau ada yang buka di siang hari, saya selaku Ketua MUI mengimbau kepada pemerintah, untuk memperingatkannya demi kekhusyuan ibadah shaum,” kata KH. Abdul Ra’uf saat dihubungi radarcianjur.com, Rabu (21/4/2021).

“Intinya jangan sampai ada warung buka di siang hari kecuali menjelang buka maghrib yang biasa dilaksanakan,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, adanya larangan serta imbauan tersebut memiliki alasan bahwa diharapkan jangan sampai ada perbuatan-perbuatan yang melanggar, sehingga kekhusuan umat Islam dalam melaksanakan ibadah shaum itu terganggu.

“Jika memang adanya praktek warung-warung yang buka di siang hari itu, kami jelas menolak. Karena jangan sampai menganggu kenyamanan umat di tengah menjalankan ibadah puasa ini,” kata dia.

Termasuk, pihak MUI juga akan sangat mendukung apapun bentuk aturan pemerintah, yang tentunya tidak melanggar dan tidak bertentangan dengan kaidah umat Islam, khususnya saat melaksanakan ibadah saum.

“Yang jelas MUI akan sangat mendukung apa-apa yang dilakukan pemerintah dalam hal nahi’ mungkar. Termasuk juga akan menyikapi persoalan-persoalan di saat bulan Ramadan ini,” tuturnya. (dan)