Hari Bumi Sedunia, Ini Harapan Aktivitas Lingkungan Kabupaten Cianjur

Ketua Forum Cianjur Bebas Sampah, Sandi Mulyadi

RADARCIANJUR.com – Memperingati Hari Bumi Sedunia 2021 yang jatuh pada hari Kamis tanggal 22 April. Forum Cianjur Bebas Sampah ajak semua masyarakat Kabupaten Cianjur merayakannya dengan melakukan langkah-langkah positif.

Diketahui Hari Bumi selalu diperingati dengan berbagai isu lingkungan hidup setiap tahunnya yang erat kaitannya dengan ekosistem bumi.

Ketua Forum Cianjur Bebas Sampah, Sandi Mulyadi mengatakan, Pada hari tersebut diperingati dengan cara mengapresiasi yang namanya planet bumi dengan berbagai isu lingkungan.

“Isu yang sering dimunculkan yaitu isu lingkungan. Karena kondisi ekosistem bumi saat ini sangat memprihatinkan,” katanya kepada Radar Cianjur, Jum’at 23/04/2021.

Menurutnya, beberapa langkah kecil seperti menghemat pemakaian listrik dan digunakan dengan lebih bijak.

“Belajar mematikan lampu jika tidak digunakan tujuannya untuk menghemat cadangan bumi karena selama ini listrik berasal dari sana,” tuturnya.

Selain itu menurut pria yang akrab di sapa Yadi, isu yang lainnya yaitu isu sampah dan pemakaian transportasi publik
dengan tujuan mengurangi jejak emisi karbon.

“Jika tidak ditangani secara keilmuan akan sangat berdampak kepada bumi,”ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan salah satu anggota Zero Waste yang menangani program Ceu Lalah ( Cegah, Olah, Pilah) Kabupaten Cianjur, Nia Kurniawati berujar, peringatan hari tersebut harus menjadi momentum menjadikan Kabupaten Cianjur Melalui Pemerintah untuk lebih memperhatikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Dihari Bumi, harusnya menjadi momentum pengelolaan TPA lebih baik lagi dikelola oleh pemerintah,”ungkapnya.

Nia menilai, TPA di Kabupaten Cianjur masih belum layak dan pengelolaannya memiliki standar yang belum baik. Namun menurutnya tidak hanya peran Pemerintah, masyarakat pun harus turut mendukung dengan kesadaran peduli lingkungan yang baik.

“Penilaian saya memang di Kabupaten Cianjur belum adanya standarisasi yang baik untuk pengelolaan TPA oleh pemerintah. Akan tetapi masyarakat harus ikut serta dan berperan serta sadar terhadap isu lingkungan, dan itu tugas bersama kita semua,” tandasnya.(cr1)