Harga Daging Sapi Mulai Merangkak Naik

HARUS TERSEDIA: Selama Ramadan, harga daging sapi terpantau naik sedikit demi sedikit. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Selama bulan Ramadan, harga daging sapi merangkak naik secara perlahan. Seperti halnya di Pasar Induk Cianjur, Pasir Hayam. Bahkan, kenaikan tersebut bakal diperkirakan akan melonjak hingga Idul Fitri.

Iwan (36) pedagang daging di Pasar Induk Cianjur mengungkapkan, saat ini harga daging sapi di Cianjur mencapai Rp120 ribu per kilogram.

“Naik terus harganya, asalnya Rp110 ribu per kilogram,” ujarnya.

Lanjutnya, permasalahan kenaikan tersebut menurutnya karena kekurangan stok daging ayam yang diperjual belikan. Namun, menjelang Idul Fitri biasanya stok daging bertambah.

“Tiap lebaran juga harga pasti naik mungkin di angka Rp140 ribuan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra menjelaskan, harga di satu pasar dan pasar lainnya selalu berbeda.

“Tapi untuk saat ini alhamdulillah masih stabil kalau naik sedikit itu wajar kalau jelang Ramadan dan lebaran selalu ada kenaikan,” tuturnya.

Tohari menyebut, hal penting yang masih pihaknya pantau adalah ketersediaan stok barang di pasar. Ia mengklaim stok semua komoditi masih aman.

“Saya sudah komunikasi sama pihak pasar, stok masih aman,” jelasnya.

Selain itu, Tohari menjelaskan, pihaknya akan terus memantau harga dan stok barang hingga jelang lebaran. Seperti daging sapi, ia menyebut harganya Rp120 ribu per kilogram dan akan naik pada Idul Fitri walau tidak akan sampai Rp150 ribu per kilogram.

“Kita terus pantau setiap saat, seminggu sekali kita konsolidasi dengan pasar dan pasar komunikasi dengan distributor tapi katanya insya Allah aman,” tutupnya. (kim)