PLN ICE 2021, Dorong Inovasi Sektor Kelistrikan Anak Bangsa

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Gelaran PLN ICE (Innovation & Competition in Electrcity) tahun 2021 merupakan wujud peran aktif PLN untuk terus mendorong inovasi anak bangsa di sektor kelistrikan.

PLN ICE adalah program CSR PLN dengan kegiatan kompetisi inovasi, sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa dan masyarakat yang aktif menyumbangkan ide inovasi terkait ketenagalistrikan.

universitas ibn khaldun bogor uika
Ya, bertemakan Electrifying lifestyle, PLN menjaring ide terkini dan terbaik mengenai inovasi kendaraan listrik, peralatan elektronik dan pengembangan komunitas dan bisnis berbasis pemanfaatan listrik.

Dengan total hadiah sebesar Rp. 1 Milyar dalam bentuk hadiah dan pendanaan prototipe untuk ide-ide terbaik.

Dimana, desain inovasi terbagi menjadi dua kategori utama yaitu Kendaraan Listrik (Mobil, Motor, Sepeda, Kendaraan Roda Tiga) dan Non Kendaraan Listrik (Inovasi Produk Kelistrikan & Proposal Program Bisnis Tepat Guna).

“Melalui PLN ICE 2021, PLN memberikan kesempatan kepada masyarakat, pelajar, mahasiswa untuk mendapatkan ide-ide terkini mengenai inovasi kendaraan listrik dan peralatan listrik,” kata Manager UPT Bogor, Rudi Wahono.

PT PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan merupakan unit jasa yang bergerak sebagai think tank bisnis PLN dalam membuat penelitian, kajian teknik,Standard PLN serta pengelolaan inovasi di lingkungan PT PLN (Persero).

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan program tanggung jawab sosial yang mana pada tahun 2021 ini, PLN Puslitbang mencoba merumuskan sebuah program CSR yang sesuai dengan proses bisnis Puslitbang ,yaitu PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE).

Tujuan dari kegiatan PLN ICE adalah, mengumpulkan ide terbaik dari kalangan mahasiswa dan masyarakat melaluiseleksi ide inovasi ketenagalistrikan dan kemudian dikembangkan untuk diproduksi sertadigunakan oleh masyarakat.

Melaksanakan knowledge sharing secara online untuk memberikanpanduan/masukan, agar terumuskan ide inovasi yang bermanfaat dan berkelanjutan.

Menciptakan komunitas berasaskan ekonomi kerakyatan yang aktifmenggunakan energi listrik yang berasal dari PLN untuk tujuan meningkatkan kualitas hidup dilingkungan komunitasnya. (*)