Tewas Ditembak KKB, Jenazah Kepala BIN Papua Dibawa ke Timika Hari Ini

RADARCIANJUR.com- Jenazah Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) wilayah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, hari ini (Senin, 26 April 2021) akan dievakuasi ke Timika. Kodam XVII/Cendrawasih telah menyiapkan helikopter untuk membawa jenazah korban dari Beoga.

“Kami akan kirim helikopter untuk evakuasi jenazah dari Beoga untuk dibawa ke Timika,” kata Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono kepada wartawan, Senin (26/4).

Sementara itu, Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto menambahkan, sesampainya di Timika jenazah korban akan diterbangkan ke Jakarta. Korban akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

“Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut,” kata Wawan.

Sebelumnya, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tertembak pada Minggu (25/4) sore sekitar pukul 15.50 WIT. Dia meninggal dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Data yang dihimpun dari Antara mengungkapkan, korban Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha ke kampung Dampet sekitar pukul 09.20 WIT, bersama tujuh anggota menggunakan empat sepeda motor.

Saat berada di kampung Dambet itulah Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tertembak dan meninggal akibat luka tembak yang dialaminya.

“Memang benar Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang menjabat Ka Binda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/4).(jpc)