Antisipasi Stok Pangan, Pemprov Jabar Resmikan Program PIM di Cianjur

RESMIKAN: Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama puluhan petani ikan milenial menanam benih ikan di wilayah Kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.COM – Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa barat mulai lagi menggarap lahan yang ada di seluruh daerah Jabar untuk pemanfaatan hasil pangan warga, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Salah satu tempat yang telah diresmikan dan dimanfaatan adalah lahan di balai benih ikan kelautan yang ada di Kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur.

Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil beserta jajaran yang didampingi Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, melangsungkan launching program pembudidayaan ikan millenial (Pim) bersama puluhan petani milenial yang tersebar di hampir seluruh daerah di Jabar, pada Selasa (27/4/2021).

“Ini merupakan program beranak cabang dari asalnya program pertanian, kini di Cianjur diresmikan juga PIM, yang nantinya akan terus digalakkan lagi bidang-bidang lain,” ujar Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil kepada wartawan usai launching di Balai Benih Ikan di Kecamatan Pacet, Selasa (27/4/2021).

Menurut Kang Emil, begitu ia disapa, dari berbagai program yang telah diluncurkan Pemprov, ini merupakan salah satu solusi masa depan yakni dengan berbisnis di bidang pangan yang tidak terinterupsi oleh pandemi Covid-19.

“Kebutuhan pangan kan tidak akan terinterupsi oleh dampak apapun. Oleh karena itu, tahap satu ini semua lahan-lahan Pemprov kita maksimalkan menjadi lahan penghasil pangan,” kata Kang Emil.

Tak hanya itu saja, Emil menyebut, sisi permodalan pun sudah disiapkan oleh salah satu bank pemerintah Jabar yang nantinya diberikan kepada yang belum terealisasi.

“Jadi polanya kita akan rubah. Dari Bank Jabar ke Agro Jabar dan Agro Jabar yang membaginya. Semua pasti kebagian,” kata Emil.

Selain itu, Emil menyebutkan, dalam pelaksanaan program perikanan ini ditanam berbagai jenis ikan. Diantaranya seperti ikan air tawar, ikan laut dan sebagainya.

“Kalau di Cianjur ini kita isi dengan ikan air tawar, dan untuk jenis udang, kita sudah berdayakan di wilayah Garut Selatan,” ucapnya.

Terakhir, Emil menilai bahwa secara teori, sejumlah program ini memang sangat luar biasa. Hanya saja butuh waktu untuk mensukseskan hal tersebut.

“Insyaallah program Pemprov Jabar semua bisa terealisasi dan bermanfaat bagi warga Jabar,” tukasnya. (dan)