Hampir Terseret Retakan Tanah, Truk Mogok di Jalan Ciloto Dievakuasi Tiga Unit Derek

Evakuasi Truk: Petugas gabungan dan tim derek tengah berjibaku mengevakuasi truk yang hampir terseret retakan tanah. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Amblasnya tebing di tepi Jalan Raya Ciloto Puncak Cianjur, sekitar pukul 19.30 Wib Rabu (28/4) malam, mengakibatkan sebuah truk yang tengah terparkir mogok hampir terseret retakan.

Namun dengan kerja keras semua pihak termasuk tim derek yang ada di lokasi, akhirnya truk pengangkut bahan bangunan tersebut berhasil dievakuasi, meski dengan waktu yang cukup lama dan alot.

“Alhamdulillah kendaraan truk yang terjebak di retakan amblasnya tebing di depan bioskop Ciloto itu berhasil kami evakuasi setelah berjibaku beberapa jam pasca terjadi longsor,” ujar salah satu tim derek Cipanas, Cahyono saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, dalam penyelamatan truk yang terjebak itu, pihaknya mengerahkan tiga unit derek dengan dibantu sejumlah pihak termasuk warga serta jasa marga untuk penerangan di lokasi.

“Evakuasinya cukup alot. Bukan hanya truk itu hampir terjungkir ke tebing, tetapi retakan tanah pun tiap waktu ada sedikit pergerakan. Ditambah kondisi malam yang cukup gelap. Alhamdulillahnya ada dari kementerian Bina Marga yang turut membantu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciloto kecamatan Cipanas, Marwan mengatakan, pasca terjadinya amblas, pihaknya kini telah berkoordinasi dengan kementerian Bina Marga dan pengelola bangunan bioskop D’Cinema. Agar segera ada solusi serta tindak lanjut mengenai pembangunan kembali tanah yang longsor tersebut.

“Sudah komunikasi dan koordinasi pada malam juga kang. Insya Allah segera ada penanganan baik dari semua unsur terkait,” kata dia.

Sejak Kamis pagi, kata Marwan, beberapa dinas terkait telah mengecek kembali peristiwa terjadinya amblas di tepi Jalan Ciloto itu.

“Mudah-mudahan bisa ada perbaikan segera dari instansi terkait. Supaya tidak memicu retakan seterusnya. Karena ini juga bisa berdampak ke badan jalan, dan mengkhawatirkan pengendara,” tukasnya. (dan)