Pasca Longsor, BPBD Cianjur Masih Pantau Lokasi Bencana

Evakuasi Truk: Petugas gabungan dan tim derek tengah berjibaku mengevakuasi truk yang hampir terseret retakan tanah. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Pasca longsor di gedung bekas bioskop yang berada di wilayah Ciloto saat ini tengah dalam penanganan dan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur. Bahkan dari informasi yang terhimpun, pihak pengelola bioskop pun sudah dipanggil untuk dimintai keterangan.

Pihak BPBD Kabupaten Cianjur pun sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pasalnya, jalan yang retak dan rawan amblas tersebut merupakan Jalan Nasional, sehingga mengenai perbaikan dilakukan langsung oleh PUPR pusat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengatakan, pasca kejadian, pihaknya sudah menyiagakan Relawan Tangguh Bencana (Retana) Kabupaten Cianjur untuk memantau perkembangan.

“Kita akan kaji amblasan ini, drainase juga berpengaruh akibat dari kejadian ini,” ujarnya.

Selain itu, jalan tersebut konturnya sedikit miring dan di bawah terdapat beberapa rumah masyarakat sekitar. Namun, hingga saat ini kondisi masih dijamin aman dengan jarak kurang lebih 500 meter.

“Sampai saat ini masih aman, namun yang dikhawatirkan sleddingnya ini yang kita takutkan,” terangnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat sekitar, ketika terjadi curah hujan yang cukup tinggi, diupayakan untuk segera mencari tempat aman. Terlebih hujan yang terus menerus hingga kurun waktu dua jam.

“Kalau hujan terus-terusan turun sampai waktu dua jam, maka diusahakan agar mencari tempat aman, sebagai langkah antisipasi,” tuturnya. (kim)