Serikat Buruh PT PYI Cianjur Minta Kesejahteraan Diperhatikan

Hari Buruh : Ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Hari Buruh Nasional jatuh pada tanggal 1 Mei, tentunya menjadi momen dan tonggak sejarah perjuangan buruh di Indonesia.

Banyaknya perusahaan yang berdiri di Kabupaten Cianjur membuat masyarakat banyak yang menjadi kaum pekerja ataupun buruh, sehingga banyak sekali organisasi-organisasi yang berdiri memperjuangkan hak buruh di Kabupaten Cianjur.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PUK PTSK SPSI PT. PYI Anwari mengatakan, di hari buruh ini keinginannya agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan buruh di Indonesia khususnya di Kabupaten Cianjur.

“Saya berharap, kesejahteraan buruh semakin di perhatikan lagi. Bukan serta merta terfokus pada Finansial, bagaimana pun buruh adalah salah satu pengerak roda perekonomian di Negara ini,”katanya melalui sambungan telpon

Anwar menambahkan, keinginan pihaknya yaitu perusahaan lebih memperhatikan buruh tentang kenyamanan dalam bekerja.

“Tidak adanya diskriminasi, tidak adanya tekanan dalam bekerja menggunakan kata yang tidak pantas dan kasar,”tuturnya.

Selain itu, Anwar turut menyoroti fasilitas- fasilitas umum yang tidak baik yang disediakan Perusahaan seperti tersediannya tempat peribadatan, laktasi untuk ibu menyusui.

Masih ditemukan juga perusahaan-perushaan nakal yang tidak mengindahkan norma azas kemanusiaan dalam menjalankan perusahaannya serta tidak adanya perusahaan memiliki organisasi serikat buruh.

“Ini sangat sulit untuk kita lakukan penindakan dikarenakan karyawan engan melakukan laporan secara tertulis mereka lebih memilih kerja dengan kondisi tidak nyaman dari pada harus kehilangan pekerjaan. Jadi saya harap semua aspek ikut terlibat seperti pemerintah, organisasi buruh serta media ikut mengkontrol serta menindak hal seperti itu,”ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan, M.A (25) Karyawan PT PYI Kabupaten Cianjur mengatakan, kesejahteraan buruh di Kabupaten Cianjur masih belum di perhatikan dengan baik.

“Masih banyak hal yang belum dilakukan pemerintah dan perusahaan dalam mensejahterakan kaum buruh,” ucapnya.

M.A berharap di hari buruh tahun ini, pemerintah dapat memberikan undang-undang yang mengatur perusahaan agar mensejahterakan kaum buruh.

“Mudah-mudahan di hari buruh ini, pemerintah dapat memberikan aturan kepada perusahaan dalam mensejahterakan para buruh di Indonesia khususnya di kabupaten Cianjur,” tandasnya. (cr1)