Hati-Hati, Tinggi Ombak Mencapai Lima Meter di Laut Selatan

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Masyarakat di wilayah pesisir pantai selatan harus lebih waspada. Pasalnya, sepanjang 30 April-4 Mei 2021 diperkirakan tinggi gelombang laut mencapai 2,5-5 meter. Kenaikan tersebut dikarenakan adanya peningkatan kecepatan angin. Selain itu, air laut pun bisa menjadi pasang setiap bulan purnama yang dikarenakan adanya gravitasi bulan.

Selain kedua faktor tersebut, cuaca yang dalam kondisi kurang baik pun menjadi faktor lainnya. Sehingga pihak Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melakukan pemantauan dengan menempatkan 40 anggota Relawan Tangguh Bencana (Retana).

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengatakan, memang dalam beberapa waktu sebelumnya terpantau ada kenaikan air laut. Tapi tidak terlalu tinggi, sehingga masih dalam taraf aman.

“Memang ada, tapi tidak terlalu tinggi. Sudah dipantau oleh anggota Retana,” ujarnya.

Lanjutnya, faktor perubahan musim pun sedikit berpengaruh. Tapi yang paling berpengaruh yakni gravitasi bulan. Irfan pun menambahkan, cuaca yang buruk tidak berpengaruh terhadap kenaikan air laut.

“Kalau cuaca buruk, itu berpengaruh ketinggian ombak aja, tapi kalau kenaikan air laut itu enggak ada,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu menjelaskan, memang terjadi ketinggian gelombang laut dalam beberapa waktu kedepan dengan maksimal ketinggian hingga lima meter.

“Hal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat saat ini adalah tetap tenang dan waspada, berhati-hati ketika beraktifitas di luar rumah dan mengurangi kegiatan di luar apabila tidak penting,” paparnya.

Selain itu, masyarakat yang ada di wilayah pesisir atau perairan Selatan Jawa Barat, diharapkan selalu berhati-hati dan memperhatikan kondisi air laut dan tidak memaksakan melaut bagi nelayan. (kim)