Vaksinasi Tahap Kedua Lapas Cianjur Dilaksanakan Sore Hari

LAWAN COVID-19: Petugas Lapas Cianjur menjalani vaksinasi tahap kedua. Bahkan ada yang melaksanakan tahap pertama. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur melakukan vaksinasi kedua kalinya. Pelaksanaan pertama dilakukan pada awal bulan April 2021, vaksinasi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada sore hari dan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi pertama. Bagi beberapa petugas yang belum berkesempatan mendapatkan vaksinasi tahap pertama awal April lalu, kembali mendapatkan screening ulang dan apabila kondisi petugas memungkinkan maka akan diberikan vaksin tahap pertama.

Setelah dilakukan vaksinasi, para petugas diwajibkan untuk diobservasi terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Apabila tidak ditemukan gejala pasca vaksinasi maka petugas yang telah menerima vaksin diberikan Kartu Vaksinasi dengan nomor tiket vaksin tertera di dalamnya sebagai tanda bukti telah menerima vaksin Covid-19.

Kalapas Kelas II B Cianjur, Heri Aris Susila mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas bantuan dan kerjasama para Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur yang telah berkenan menjemput bola dalam pelaksanaan vaksinasi langsung di dalam Lapas Cianjur.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur beserta jajaran, serta para pejabat terkait dan pelaksana di lapangan yang telah berkenan memberikan kesempatan para Petugas Lapas Cianjur untuk mendapatkan vaksin di tempat, mengingat para petugas mayoritas melakukan pelayanan publik pada hari kerja sehingga dengan pelaksanaan vaksin di tempat seperti ini tidak akan mengganggu kinerja dan pelayanan Lapas Cianjur kepada masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksin sore itu awalnya ditargetkan bagi 108 orang, gabungan Petugas Lapas Cianjur serta Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) yang sedang berada di wilayah Kaupaten Cianjur. Namun karena terbentur kondisi kesehatan petugas pada saat dilakukan screening kesehatan, maka vaksinasi hanya dapat diikuti sebanyak 80 orang Petugas Lapas Cianjur yang terdiri dari beberapa petugas yang perdana mendapatkan vaksin tahap pertama serta mayoritas petugas yang melanjutkan vaksin tahap kedua.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah yakni pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Diharapkan melalui terselenggaranya program ini seluruh Petugas Lapas Cianjur terbebas dari resiko kesehatan akibat Covid-19 serta dapat menjadi pemutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” tutupnya. (kim)