Jelang Lebaran, Penjualan Pakaian Mulai Meningkat

Antusias: Sejumlah warga antusias berbelanja saat Ramadan dan jelang lebaran. (Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Meski di masa Pandemi Covid-19, momen Ramadan masih tetap membawa dampak positif bagi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM), khususnya di sektor tekstil dan pakaian jadi.

Pada momentum ini, penjualan pakaian berbagai jenis sudah mulai mengalami peningkatan di hampir toko perbelanjaan, dan diperkirakan bisa naik hingga dua kali lipat hingga mendekati lebaran nanti.

Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindagin Cianjur, Nana Rukmana mengatakan, sektor UKM yang tumbuh signifikan saat Ramadan biasanya makanan dan minuman serta pakaian. Berbagai jenis tersebut sudah menjadi kebutuhan yang pokok, apalagi menjelang lebaran yang tinggal beberapa pekan lagi.

“Yang tumbuh signifikasi pertama, makanan, kedua pakaian,” kata dia.

Hal tersebut tentu disebabkan banyaknya masyarakat yang berbelanja pakaian saat Ramadan apalagi menjelang lebaran yang tinggal sepekan lebih. Karena jumlah umat muslim yang besar tentu akan mendorong naiknya penjualan secara signifikan, terlebih di Kabupaten Cianjur sendiri bisa mencapai hampir 100 persen.

“Mau lebaran rata-rata masyarakat beli baju baru, meski saat ini masih pandemi,” kata dia.

Selain itu, keadaan ekonomi global yang kini sedikit demi sedikit menunjukkan pemulihan. Maka menurutnya, akan turut membantu peningkatan konsumsi masyarakat, termasuk saat lebaran.

Sebagai contoh ia menyebutkan, jika ekonomi di Kabupaten Cianjur ini membaik, kegiatan perdagangan di pasar rakyat maupun modern, juga terlihat meningkat.

Naiknya hal itu tentu akan memberikan dampak pada naiknya pendapatan masyarakat yang bekerja di sektor tekstil dan pakaian.

“Jadi kalau masyarakat lebih memilih berbelanja ke pasar tradisional atau pasar rakyat, maka produk asli dari pengrajin rumahan juga akan terbantu peningkatannya. Yang kerja di produsen tersebut juga akan semakin banyak,” tuturnya.

“Kalau penjualan naik, income mereka juga otomatis akan naik. Kalau income mereka naik mereka pasti belanja. Tahun ini kami optimis meski masih pandemi Covid, di Cianjur ini ekonomi masyarakat insyaallah meningkat,” tandasnya.

Terpisah, Salah seorang pedagang pakaian di Pasar rakyat Cipanas, Haji Agus mengatakan, dengan adanya momentum Ramadan dan lebaran nanti, para pedagang memang sangat merasakan adanya angin segar. Meskipun pasti bakal ada perbedaan dengan penjualan di tahun-tahun sebelum pandemi Covid.

“Alhamdulillah kang, mulai ada kenaikan omset, walaupun belum begitu melonjak,” kata dia.

Ia hanya berharap, hingga menjelang lebaran nanti, penjualan pakaian di lapak kiosnya tersebut bisa lebih meningkat.

“Kalau harapan mah pasti ingin lebih ramai lagi. Omset pun bisa terus meningkat,”ujarnya. (dan)