Semarak Ramadan, Pemdes Palasari Helat Festival Hadroh

Grup Hadrah saat tengah memainkan musik religi di Festival Hadroh Palasari. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Cianjur kembali menggelar semarak Ramadhan 1442 Hijrah dengan menghelat festival Hadroh berbagai tingkatan yang dimulai sejak 1 hingga 3 Mei 2021 kemarin.

Sejumlah peserta baik tingkat SMP hingga SMA/SMK/MA dari berbagai daerah ikut berkompetisi dalam ajang tersebut, yang dilaksanakan di panggung Bazar UMKM Palasari.

Seperti halnya grup yang ikut memeriahkan diantaranya, Al-Mujahidin Cimacan, Al-Ghiena Voice Bogor, UIul Al-Bab Desa Palasari, Al-Madad Bogor, Al-Banjari Batulawang, serta Al-Munawwaroh Gadog-Pacet.

Kepala Desa Palasari, H. Ridwan mengatakan, festival ini merupakan salah satu cara Palasari untuk terus menumbuhkan semangat anak-anak muda dalam berkarya dan mengeksplore bakat musik islami mereka.

“Jadi lomba musik religi itu diikuti belasan grup Hadrah dari beberapa daerah, termasuk Bogor,” kata Ridwan.

Dirinya berharap, bahwa Pemerintah Desa Palasari menginginkan kecintaan musik Islami ini terus tumbuh di kalangan anak muda atau pelajar. Apalagi potensi bermusik Hadrah di lingkungan pelajar saat ini mulai menggeliat.

“Kesenian Hadrah merupakan salah satu seni musik khas Islami yang selalu mendapat tempat di hati umat Islam,” ujarnya.

“Seni ‘terbang’ yang berirama menghentak, rancak, dan variatif ini membuat kesenian menjadi alternatif baru bagi anak muda dalam bermain musik saat ini,” sambungnya.

Selain itu, kata Ridwan, ajang tersebut juga bisa sebagai sarana konsolidasi dan silahturahmi antar para pemuda.

“Dengan ajang ini mereka bisa mengukur kemampuannya yang tidak hanya jago di lingkungan sendiri, tapi bisa beradu dan bersanding dengan pemuda lain untuk bertukar pengalaman memainkan musik religi,” tuturnya. (dan)