Polres Cianjur Gagalkan Pengiriman Narkoba Untuk Pesta Malam Takbiran

GAGAL BEREDAR: Ribuan pil dan puluhan paket ganja siap edar akan disebar pada malam takbir mendatang, namun berhasil diantisipasi Polres Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Ribuan butir obat terlarang berjenis Tramadol berhasil diamankan Sat Narkoba Polres Cianjur. Penggagalan tersebut berawal adanya informasi dari masyarakat bahwa akan ada pengiriman barang terlarang tersebut. Selain tiga paket obat Tramadol, turut diamankan juga paket 41 paket ganja seberat 400 gram yang rencananya akan digunakan pada malam takbir mendatang.

Ternyata, pengiriman barang tersebut menggunakan jasa pengiriman paket yang diduga untuk mengelabui petugas kepolisian. Barang-barang tersebut rencananya akan dikirim ke Kecamatan Sukaluyu. Ini pun menjadi modus baru pengiriman obat terlarang menggunakan paket.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochammad Rifai mengatakan, sebelumnya sudah mendapat informasi bahwa di wilayah Puncak kerap terjadi pesta narkoba.

Pihaknya pun langsung mencari informasi tersebut dan berhasil mendapatkan pengiriman paket barang terlarang berupa pil dan ganja.

“Sudah kami diantisipasi. Kami sudah mengungkap kasus narkoba yang akan digunakan saat lebaran nanti,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang berkunjung ke Puncak baik untuk berlibur dan lain sebagainya, menjadi sasaran pengedar narkoba. Pihaknya pun akan konsentrasi menangani hal ini.

“Ada dari warga Cianjur, ada juga warga luar kota. Itu setiap tahun terjadi, kita konsentrasi di Puncak,” jelasnya.

Di sisi lain, Kasat Narkoba Polres Cianjur, AKP Ali Jupri menambahkan, pengiriman modus baru ini rencananya akan dijual ke masyarakat luar menjelang malam takbir Idul Fitri mendatang.

“Ini menggunakan jasa pengiriman, tapi berhasil terendus dan kita datanya. Ternyata benar dan kita lakukan pengintaian terhadap tersangka yang akan mengambil paket tersebut lalu kita tangkap,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya pun tidak hanya mengamankan dua tersangka. Namun, kasus ini terus dikembangkan dan akan dilakukan pengejaran kepada bandar atau pemilik barang ini yang begitu banyak.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, sangat prihatin atas apa yang terjadi dan pihaknya berterimakasih kepada jajaran Polres Cianjur yang sudah berhasil menggagalkan peredaran narkoba menjelang Idul Fitri.

“Barang haram ini yang infonya akan dipakai saat malam lebaran. Akan bagaimana anak-anak Cianjur kalau ini tidak diselamatkan,” tuturnya.

Dirinya menilai, pencegahan narkoba menyelamatkan ribuan masyarakat Cianjur. Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Sekarang makin canggih, makin gampang menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba. Saya yakin kasat narkoba semakin mudah melakukannya,” tutupnya. (kim)