Bawa Puluhan Penumpang, Travel Gelap Diciduk Satlantas Polres Cianjur

MENDEKAM: Sejumlah kendaraan minibus travel gelap diamankan di Polres Cianjur sebagai barang bukti. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Di hari pertama penjagaan, ternyata sudah didapati beberapa travel gelap yang berhasil terjaring petugas gabungan yang berjaga. Enam unit kendaraan travel gelap pun berhasil diamankan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur pada Kamis (6/5) dini hari.

Kendaraan yang diamankan tersebut dipergoki membawa penumpang yang akan melakukan mudik dari Jakarta ke Cianjur dengan puluhan penumpang.

KBO Satlantas Polres Cianjur, Iptu Yudhistira Nugraha mengatakan, pengungkapan travel gelap yang membawa pemudik itu berawal dari informasi masyarakat.

Setelah informasi diterima, pihaknya langsung bertindak cepat melakukan penyekatan dengan memeriksa kendaraan di sejumlah ruas jalan utama Kabupaten Cianjur.

“Penyekatan yang dilakukan personel di antaranya dengan cara penyekatan stasioner dan hunting. Alhamdulillah, enam kendaraan travel gelap berhasil diamankan berikut pengendaranya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dari enam orang sopir travel gelap yang berhasil diamankan. Satu orang di antaranya kedapatan membawa obat-obatan terlarang atau daftar G.

“Terdapat satu orang sopir yang kedapatan membawa obat-obatan terlarang, dan langsung kami serahkan ke Satresnarkoba untuk ditindaklanjuti,” paparnya.

Sejumlah kendaraan travel gelap yang berhasil diamankan, di antaranya Toyota Avanza warna silver bernomor polisi ( Nopol) F 1763 ZJ, Mitsubishi Kuda warna merah nopol F 1032 XV, Suzuki APV warna merah nopol F 1496 QX, Toyota Avanza warna merah nopol F 1249 WZ, Toyota Kayla warna hitam nopol D 1747 UAE, dan Toyota Avanza warna hitam bernopol F 1245 OX.

“Para pengendara travel gelap dilakukan penindakan dengan bukti pelanggaran lalu lintas (Tilang) pasal 308 huruf B Jo pasal 173 ayat (1) Undangan-undang RI No 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” tutupnya. (kim)