Lapas Cianjur Kontrol Tembok Penjaga dan Area Steril

WASPADA: Ka KPLP Lapas Cianjur beserta jajaran petugas tengah memeriksa area steril untuk deteksi dini keamanan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Langkah upaya pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur terus dilakukan. Bahkan, area steril dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) pun turut diperiksa.

Area steril tersebut yakni brandgang atau wilayah yang mengelilingi Lapas Cianjur. Area tersebut dilarang dimasuki oleh WBP terkecuali ada izin dan pemantauan dari petugas.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP), Resnu Parada Andika mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Cianjurbeserta jajaran staf KPLP kontrol area brandgang.

“Kita harus lebih teliti dan waspada dalam memeriksa setiap area, perhatikan hal-hal kecil yang sekiranya dapat menyebabkan gangguan kamtib,” ujarnya.

Jajaran KPLP memeriksa setiap jengkal area brandgang dari mulai saluran pembuangan, instalasi air, tembok keliling dan dinding luar blok hunian untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat memicu gangguan keamanan.

“Pemeriksaan area brandgang ini merupakan salah satu upaya deteksi dini guna mencegah gangguan kamtib khususnya pelarian warga binaan” tuturnya.

Pengamanan dan kontrol tersebut sesuai dengan surat edaran dirjenpas Nomor: PAS-380.PK.02.10.01 Tahun 2021 tentang peningkatan kewaspadaan dan deteksi dini selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Area brandgang berada di antara bangunan blok hunian dan tembok keliling Lapas Cianjur, wilayah ini digunakan untuk saluran pembuangan air dan sebagian lahannya dimanfaatkan untuk menanam sayuran serta ternak ayam. (kim)