Tak Bawa Surat Antigen, 200 Kendaraan Akan Masuk Cianjur Dikembalikan

DIPANTAU: Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Eddy Sumitro melihat peta jalur Kabupaten Cianjur di pos penjagaan Haurwangi. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro melakukan pemantauan jalur mudik di sejumlah wilayah salah satunya Kabupaten Cianjur. Kedatangan orang nomor dua di Polda Jabar tersebut untuk memantau hari pertama penjagaan dan arus kendaraan yang akan melintas atau memasuki setia kabupaten kota.

Dari pantauan di Kecamatan Haurwangi yakni penjagaan di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), beberapa kendaraan dari KBB sudah mengantri untuk masuk ke Kabupaten Cianjur. Tak sedikit kendaraan yang diputar balik oleh petugas dikarenakan tidak menunjukan surat rapid antigen.

Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Eddy Sumitro mengatakan, pemantauan dan pengamanan perbatasan ini sesuai dari arahan Presiden RI, Joko Widodo; Mendagri dan Kapolri.

“Itu sesuai arahan dari pimpinan, kita siapkan 158 titik pos penyekatan di Jawa Barat,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya pun akan mengupayakan agar tidak sampai terkecoh ataupun kecolongan dengan pemudik dengan melakukan penjagaan selama 24 jam.

“Petugas dibagi tiga shift, jadi masing-masing delapan jam setiap shift. Jalan tikus juga kita jaga,” terangnya.

Namun mengenai lonjakan, menurutnya hingga saat ini belum terlihat. Akan tetapi, di hari pertama ini sudah 200 kendaraan yang diputar balik petugas. Selama penjagaan ini hingga 17 Mei 2021 mendatang, 17 ribu lebih petugas gabungan se-Jawa Barat berjaga di setiap pos penyekatan.

Ada beberapa pengendara maupun masyarakat yang bisa melintas di perbatasan, seperti orang sakit, ambulan dan logistik. (kim)