10 Personil dan Tiga Unit Kendaraan Damkar Jaga Cianjur

SELALU SIAGA: Damkar Kabupaten Cianjur akan berjaga selama 24 jam menjelang Hari Raya Idul Fitri. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021, membuat semua petugas yang mengamankan jelang hari raya harus berjaga. Beberapa diantaranya kepolisian, TNI, pemerintah daerah hingga organisasi masyarakat. Namun, dari seluruh komponen yang bertugas, turut bersiaga dalam pengamanan yakni Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur.

Meski dengan keterbatasan personil dan juga unit pemadam, namun Damkar Kabupaten Cianjur turut memiliki tanggungjawab menjaga dan siaga kapanpun. Saat ini pun Damkar Cianjur membagi pola tugas kepada setiap personil yang berjaga.

Pengendali Operasi (Dalops) Damkar Kabupaten Cianjur, H Ade Risyan mengatakan, Damkar Cianjur nantinya akan berjaga selama 24 jam secara bergantian dengan jumlah personil enam orang dan dibantu empat relawan kebakaran.

“Setiap berjaga itu petugas enam dan dibantu balakar atau relawan kebakaran. Selain petugas, disiagakan juga tiga unit kendaraan untuk memadamkan api,” ujarnya.

Sementara itu, petugas yang berada di rumah pun bukan berarti bisa bersantai, ternyata petugas yang berada di rumah pun terus memantau jika sewaktu-waktu harus datang ke Mako Damkar Cianjur membantu personil yang melaksanakan tugas pemadaman.

“Tetap, meskipun di rumah itu harus monitor juga dan jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung menuju mako untuk membantu rekan lainnya,” terangnya.

Dirinya pun berharap, menjelan hari raya ini semua aman terkendali dan tidak sampai ada kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga semua masyarakat bisa bersuka cita menyambut hari kemenangan. (kim)