Tim Medis Siaga 24 Jam di Pos Penyekatan

CEK: Petugas gabungan bersama petugas medis tengah mengecek sejumlah pengendara. (Foto:Dadan Suherman/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Sejumlah tim medis yang ada di beberapa puskesmas wilayah Utara Cianjur diikutsertakan dalam hal penanganan kesehatan sepanjang libur lebaran. Mereka ditempatkan di pos penyekatan mudik sejak 6 Mei hingga 19 Mei pasca Idul Fitri nanti.

Hal tersebut disiapkan, guna mengantisipasi kondisi darurat di lapangan, khususnya di titik penyekatan perbatasan rawan lalu lintas.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Pacet, Agus Suhendar mengatakan, tim medis yang disiagakan selama 24 jam terdapat di satu titik penyekatan. Salah satunya di jalur utama perbatasan yang kemungkinan mengalami peningkatan volume kendaraan penyekatan mudik.

“Ada titik khusus yang paling dominan dilalui arus lalu lintas, terutama di wilayah Utara dalam pos penyekatan, Seperti Pos yang berada di Seger Alam Ciloto Cianjur,” ujar Agus saat dihubungi.

Termasuk, lanjutnya, dalam pelayanan medis pun, pihaknya akan tetap maksimal sepanjang waktu jelang lebaran itu. Terutama pada saat pengecekan para pengendara yang tetap melintas ke perbatasan Cianjur pada libur lebaran.

“Kami juga ikut memastikan pengendara yang melintas di jalur perbatasan Cianjur-Bogor tetap nyaman dan sehat. Terlebih jika ada pemudik yang melanggar saat hendak melintas ke Cianjur, kami semua periksa,” kata dia.

Agus menyebut, seluruh tenaga medis akan siaga di pos penyekatan mudik, dilaksanakan bersama instansi lain. Diantaranya pihak kepolisian, Dishub, Satpol-PP, serta sejumlah relawan tanggap bencana. “Jadi dalam satu shift itu, petugas medis yang siaga sebanyak tiga orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan didominasi oleh pengecekan ringan yang tidak merenggut nyawa hingga penerapan protokol kesehatan para pengendara yang tetap dijaga.

“Kami berharap perjalanan arus lalin di perbatasan Cianjur-Bogor ini tetap aman bagi para pengendara. Maka dari itu, beberapa puskesmas juga akan menurunkan personil masing-masing dengan maksimal selama libur lebaran berlangsung,” pungkasnya.(dan/cep)