Pasar Induk Cianjur Mulai Diserbu Masyarakat

RADARCIANJUR.com – Jelang Idul Fitri Pasar Induk Cianjur di serbu masyarakat  sehingga menimbulkan kemacetan yang cukup panjang, terlihat dari pintu masuk sampai kios-kios pedagang di dominasi kendaraan roda dua maupun roda empat dan sejumlah masyarakat yang menggunakan angkutan umum, Sabtu 08/05/2021.

Pantauan Radar Cianjur Di lapangan, diketahui masyarakat mulai berbelanja untuk menunjang segala kebutuhan menjelang hari Raya Idul Fitri, dengan didominasi masyarakat membeli bahan pokok untuk menu masakan.

Beberapa masyarakat terlihat menyerbu kios-kios sayuran yang menjual aneka sayur mayur serta bumbu-bumbu penyedap masakan.

Ditemui Radar Cianjur, Iyan (34) mengatakan, sudah merasakan dampak menjelang hari lebaran dengan ramainya masyarakat yang mendatangi kios tempatnya berjualan aneka sayur mayur dan bumbu masakan.

“Sudah mulai ramai, ada peningkatan dari jumlah pembeli yang belanja ke kios saya,”katanya kepada Radar Cianjur.

Menurut iyan, jumlah pembeli di kios sayur mayur nya mengalami kenaikan sampai 2 kali lipat dari hari-hari biasanya.

“Alhamdulillah ada kenaikan jumlah pembeli, kalau hari biasanya dari pagi sampai sore 10 orang dan paling banyak 15 orang. Kalau hari-hari sekarang menjelang lebaran bisa sampai 30 atau lebih banyaknya lagi 40 orang  pembeli,”tuturnya.

Iyan berujar, beberapa hari menjelang lebaran setiap tahun umum dialami pedagang di Pasar Induk mengalami lonjakan pembeli dengan rata-rata membeli kebutuhan bahan pokok makanan.

“Setiap tahun memang ramai pembeli beberapa hari sebelum lebaran, masyarakat kebanyakan beli sayuran sama bumbu-bumbu dapur buat masakan,”jelasnya.

Lain halnya dengan, Imas (35) warga Pamoyanan yang mengaku berbelanja lebih awal untuk keperluan menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Saya sengaja berbelanja jauh-jauh hari sebelum lebaran, buat stok di rumah. Nanti mau bikin masakan khas lebaran,” ungkapnya.

Imas mengaku, berbelanja lebih banyak bumbu masakan dan sayuran dari pada komoditi lain.

“Kalau di pasar kan lebih murah dari pada diwarung, apalagi jenis sayuran sama bumbu-bumbu masakan seperti cabe, tomat, bawang putih, bawang merah, bawang daun, lengkuas, dan lain-lainnya,”paparnya.(byu)