Masjid Agung Cianjur Tidak Laksanakan Salat Id

Alun-alun Cianjur.(Foto:Umar Saripudin/Radar Cianjur)
Alun-alun Cianjur.(Foto:Umar Saripudin/Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Pelaksanaan Sholat Id di Kabupaten Cianjur umum dilakukan masyarakat di Masjid Agung yang berada di tengah-tengah Kota Cianjur

Namun Pelaksanaan Sholat Id 1442 Hijriyah atau 2021 tidak dapat dilakukan di salah satu masjid bersejarah di Kabupaten Cianjur akibat Pendemi Covid 19 yang masih melanda.

Hal tersebut terjadi karena adanya imbauan Pemerintah Kabupaten kepada masyarakat untuk melaksanakan Sholat id di lapangan terbuka.

Keputusan tersebut sesuai hasil rapat Forkopimda Kabupaten Cianjur tentang pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini sesuai dengan anjuran dari Kementerian Agama RI.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan tidak melarang dilaksanakannya salat id namun sesuai anjuran yang di imbau Pemerintah.

“Bagi umat muslim yang akan melaksanakan Salat Idulfitri dipersilahkan, tapi harus di tempat terbuka di lingkungan masing-masing.

Selain itu Herman mengatakan, untuk sementara Masjid Agung Kabupaten Cianjur tidak akan menggelar Salat Idul Fitri untuk perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Masjid Agung Cianjur mengeluarkan kebijakan tidak akan menggelar Salat Idulfitri demi keselamatan umat muslim, karena saat ini Cianjur termasuk daerah zona orange,” tuturnya.

Herman menambahkan, meski mempersilahkan melaksanakan Salat Idulfitri, akan tetapi tetap harus menjalankan protokol kesehatan, di antaranya menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan

“Protokol kesehatan tetap harus dijalankan secata ketat, tidak bebas begitu saja dan hanya boleh terisi 50 persen dari total kapasitas”jelasnya.

Herman juga meminta panitia Salat Idulfitri untuk berkordinasi dengan Satgas di tingkat Desa dan Kecamatan, supaya bisa diarahkan sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan pemerintah.

“Seperti anjuran khutbah yang dilakukan tidak lebih dari 20 menit,” ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan, Ketua MUI Kabupaten Cianjur KH Abdul Rouf turut mengimbau masyarakat agar mengikuti aturan pemerintah tentang pelaksanaan shalat Id.

“Kita ikuti imbauan pemerintah, untuk kebaikan bersama,”katanya.

Abdul Rouf menambahkan, tidak dilaksanakannya salat id untuk tahun 2021 di Masjid Agung Kabupaten Cianjur sebagai bentuk perlindungan pemerintah agar tidak terjadi Kluster penularan Covid 19.

“Itukan sebagai bentuk pencegahan pemerintah agar tidak terjadi kembali Kluster baru penularan Covid 19 di masyarakat,”ucapnya.

Namun menurutnya, pelaksanaan salat id yang tidak di gelar di Masjid Agung akan di ganti dengan pelaksanaan Salat id di lapangan terbuka.

“Untuk mengantikan tidak dilaksanakannya salat id di Masjid Agung, maka pelaksanaannya akan dipindahkan ke Lapang Prawatasari Joglo,”tandasnya.(byu)