Open House Dilarang, Ziarah Dibatasi

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai

RADARCIANJUR.com- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau tepatnya pada Kamis (13/5) esok, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan open house yang dapat menimbulkan kerumunan di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Hal tersebut bertujuan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat pada hari lebaran dan tidak menjadi kluster baru di Kabupaten Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai mengatakan, open house sudah dilarang oleh pemerintah pusat. Sementara pihak kepolisian hanya melakukan pengawasan dan sebagai pendukung di lapangan.

“Kita hanya pendukung tapi tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, silaturahmi kepada antar masyarakat pun diharapkan bisa tidak ada atau tidak dilakukan. Dikhawatirkan bisa menjadi penyebaran,” ujarnya.

Bahkan, ziarah kubur pun akan dibatasi untuk kunjungan. Pihaknya tidak melarang, hanya saja meminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ziarah pun akan dibatasi, nanti kepolisian turut menempatkan anggota. Masyarakat intinya tetap menerapkan prokes,” tuturnya. (kim)