Lebaran di Masa Pandemi, Peziarah di TPU Sinarlaya II Belum Ramai Dikunjungi

LENGGANG: Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnalaya II masih belum ramai dikunjungi masyarakat atau peziarah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, sejumlah masyarakat Kabupaten Cianjur melakukan tradisi ziarah kubur ke sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU), salah satunya TPU Sirnalaya II. Namun, momen lebaran tahun ini tidak seperti momen lebaran sebelumnya sebelum pandemi.

Dari pantauan RADARCIANJUR.com, kondisi area pemakaman tidak dipadati oleh masyarakat yang berziarah. Hanya beberapa orang saja. Selain itu, beberapa pedagang asongan dan kendaraan roda empat dari pengunjung terparkir di depan area parkir pemakaman.

Rini (27) warga Cikaret yang datang bersama keluarganya untuk melakukan ziarah yang sudah menjadi agenda setiap tahunnya.

“Kalau nyekar biasanya menjelang mau puasa sama lebaran, sebelum kumpul keluarga kita nyekar atau ziarah dulu baru kembali ke rumah,” ujarnya.

Menurutnya, momen lebaran seperti ziarah di momen lebaran memang tak bisa terpisahkan. Namun, dirinya bersama keluarga tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillahnya enggak rame banget, biasanya kan rame, mungkin karena pandemi juga kayaknya,” tuturnya.

Sama halnya seperti Rini, Zamal (32) warga Gombong Desa Limbangansari lebih memilih melakukan ziarah terlebih dahulu sebelum kumpul keluarga.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terasa panas dan menghindari kerumunan masyarakat yang akan melakukan ziarah kubur.

“Pertama sih supaya enggak panas, keduanya menghindari kerumunan. Mumpung belum rame,” jelasnya. (kim)