Masjid Agung Ditutup, Salat Id Digelar di Lapang Prawatasari Cianjur

Tampak masyarakat dengan khusuk melaksanakan ibadah salat id di Lapangan terbuka Prawatasari Joglo. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com -Pelaksanaan salat id Masjid Agung Kabupaten Cianjur kini tidak dapat dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan hasil rapat Forkopimda Kabupaten Cianjur tentang pelaksanaan Salat Idulfitri tahun 2021 sesuai dengan anjuran dari Kementerian Agama RI.

Namun pelaksanaan salat id yang biasanya tetap di gelar di Masjid Agung Kabupaten Cianjur kini dipindahkan ke lapang Prawatasari Joglo.

Pantauan Radar Cianjur dilapangan salat id yang dilaksanakan di lapang joglo dijaga satuan gabungan yang terdiri dari TNI, Polri ,Satpol PP, Dishub, Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur.

Ditemui Radar Cianjur di sela-sela aktivitas setelah pelaksanaan salat Idul Fitri Khatib Imam Masjid Agung Cianjur H. Dedi Wijaya mengatakan, pelaksanaan pemindahan salat id yang sebelumnya di laksanakan di Masjid Agung ke Lapang Prawatasari sesuai amanat yang diberikan Pemkab Cianjur untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19.

“Tentunya kita berpegang kepada prinsip menjalankan amanat dari pemerintah pusat kepada daerah daerah yang terdampak Covid 19 salah satunya Kabupaten Cianjur agar melaksanakan ibadah salat id di lapangan terbuka,” katanya kepada Radar Cianjur, Rabu 13/05/2021.

Menurutnya, pemindahan pelaksanaan Salat id yang semula umum dilakukan di Masjid Agung Kabupaten Cianjur dan kini dipindahkan sesuai dengan ketentuan penyedian ruangan .

“Ketentuan penyedian ruangan dengan kapasitas 50 persen dari jumlah ruang terisi dan lapangan prawatasari sangat sesuai untuk dilaksanakannya salat id,” tuturnya.

Dedi berujar, hal tersebut sebagai antisipasi Pemkab Kabupaten Cianjur untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 yang saat ini masih terjadi.

“Tentunya ini sebagai upaya darurat karena saat ini Kabupaten Cianjur sendiri berstatus rawan penyebaran Covid 19 karena berstatus zona orange,”tandasnya.(byu)