Normal, Titik Penyekatan di Cianjur Tak Terjadi Peristiwa Serius

TINJAU: Sekretaris Komisi 1 DPRD Jabar, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sadar Muslihat melaksanakan peninjauan langsung ke beberapa titik perbatasan di wilayah Kabupaten Cianjur. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Sekretaris Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa barat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sadar Muslihat melaksanakan peninjauan langsung ke pos penyekatan beberapa titik perbatasan di wilayah Kabupaten Cianjur, belum lama ini.

Beberapa titik check point yang ia sambangi yakni di kawasan Haurwangi berbatasan dengan Bandung barat, dan di kawasan Jalan Raya Puncak berbatasan dengan Kabupaten Bogor.

“Secara umum kami menilai, beberapa titik perbatasan di Cianjur ini tidak terjadi gejolak ataupun peristiwa serius dalam keberlangsungan penyekatan. Kami berharap mudah-mudahan situasi aman dan kondusif tersebut terus berlanjut secara baik, sehingga Idul Fitri ini tetap terasa khidmat dan gembira,” tutur Sadar Muslihat kepada radarcianjur.com.

Selain itu, Sadar mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan, titik perbatasan di penyekatan pun berjalan dalam artian normal-normal saja, seperti perkiraan awal. Meskipun ada beberapa pengendara atau pengguna jalan raya yang dikembalikan karena tidak memenuhi syarat melakukan mudik.

“Jadi di setiap posko penyekatan mudik pun disediakan alat rapid antigen dari Dinas kesehatan. Walaupun masih banyak pula para pemudik yang bisa melewati perbatasan, karena terpenuhinya syarat, terutama penduduk wilayah setempat yang juga memiliki bukti negatif Covid,” kata dia.

Di satu sisi, adanya budaya mudik di Indonesia ini, menurut Sadar, tidak bisa dilepaskan begitu saja. Bahkan akan terus terasa di setiap jelang akhir Ramadan. Tetapi, karena lebaran ini hampir sama dengan tahun lalu dalam suasana pandemi Covid, maka ada hal penting yang harus sama-sama dijaga agar tidak terjadi cluster cluster baru penularan Covid-19.

“Saya memohon kepada saudara-saudaraku semua, bersabarlah jika lebaran tahun ini tidak bisa mudik. Mengingat jangan sampai justru kita ini membawa virus datang ke saudara saudara lainnya di kampung halaman,” kata Sadar.

“Justru ketika adanya hal seperti itu, tentu mudik pun tidaklah bagus, dan tujuan silaturahminya juga tidak akan tercapai. Maka sekali lagi mohon bersabar menerima semuanya ini akan aturan-aturan demi kepentingan masyarakat bersama,” sambungnya. (dan)