Pasca Larangan Mudik Lebaran, Pengunjung Kebun Raya Cibodas Menurun

OBJEK WISATA: Salah satu objek wisata di wilayah Cipanas, Kabupaten Cianjur dengan penerapan protokol kesehatan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dengan adanya kebijakan larangan mudik termasuk penyekatan di beberapa titik perbatasan di wilayah Kabupaten Cianjur, menjadi salah satu dampak turunnya para pengunjung atau wisatawan yang datang khususnya ke Kebun Raya Cibodas (KRC).

“Kurang lebih ada sekitar 80 hingga 90 persen mengalami penurunan pengunjung saat Ramadan tahun ini,” kata General Manager Kebun Raya Cibodas, Teguh Dwiyanto kepada wartawan belum lama ini.

Teguh menyebut, rata-rata pengunjung di saat waktu normal sebelum pandemi dan tak adanya larangan mudik tahun ini, wisatawan yang datang pada libur lebaran, biasanya berkisar antara 2 ribu hingga 3 ribu pengunjung bahkan lebih. Namun kini, tak bisa diharapkan, bahkan terbilang anjlok.

“Biasanya setelah lebaran H+1 salah satu destinasi wisata Kebun Raya Cibodas yang cukup digemari masyarakat luas ini selalu ramai. Tapi kemungkinan untuk libur lebaran tahun ini tidak akan terlalu banyak, hanya wisatawan lokal Cianjur saja,” kata dia.

Teguh menambahkan, meski adanya penurunan pengunjung karena dampak Covid-19, pihaknya akan terus berkomitmen terkait penerapan protokol kesehatan yang harus dilakukan karyawan beserta pengunjung yang datang.

“Per jamnya kami akan terus berkomitmen untuk lebih meningkatkan penerapan protokol kesehatan. Mulai pakai masker, pengecekan suhu dan sebagainya,” kata dia.

Bahkan dalam pembatasan pengunjung pun, Teguh menyebut, maksimal pengunjung masih tetap dibatasi hingga 10 ribu wisatawan, itupun jika ramai. (dan)