Cegah Kluster Baru Penyebaran Covid-19, SMAN 1 Cianjur Tiadakan Kegiatan Halal Bil Halal

Suasana lingkungan SMAN 1 Cianjur yang terlihat asri dengan dilengkapi fasilitas untuk mencuci tangan

CIANJUR – Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah tahun ini, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cianjur tidak menyelenggarakan kegiatan halal bil halal yang biasanya rutin dilaksanakan setiap tahunnya, guna untuk mengantisipasi adanya kluster baru dalam penyebaran virus covid-19.

Tidak dilaksanakannya kegiatan halal bil halal di SMAN 1 Cianjur juga dilakukan berdasarkan surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, sehingga kegiatan halal bil halal yang kerap dilaksanakan setiap tahun ditiadakan

“Saat ini keberadaan wabah penyakit virus Covid-19 belum hilang, bahkan adanya kluster baru dari Covid-19 yang marak terjadi, oleh karena itu kami merasa khawatir akan adanya kluster baru tersebut khususnya di lingkungan sekolah kami, selain itu kami juga didasarkan adanya surat edaran dari Mendikbud RI jadi kami akan selalu mendukung program pemerintah,” tutur Kepala SMAN 1 Cianjur, Agam Supriyanta.

Menurut Agam, Kabupaten Cianjur saat ini sudah memasuki zona oranye. Artinya tingkat kewaspadaan dan antisipasi harus benar- benar diperhatikan khususnya di dunia pendidikan. Mengingat bahwa sekolah merupakan salah satu tempat yang rentan masuknya virus.

“Karena sekolah salah satu tempat yang banyak didatangi oleh orang dan kita tidak tahu apakah orang yang datang ke sekolah membawa virus tersebut ataukah tidak. Sehingga sekolah di sini diperlukan kewaspadaan dan peningkatan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan alat pengukur suhu badan, tempat cuci tangan dan sabun serta masker maupun pelindung wajah bagi tamu yang tidak memakai masker maupun pelindung wajah, ” katanya.

Menurutnya, dengan ditiadakannya kegiatan halal bihalal ini selain untuk mencegah kluster baru dari virus Corona juga pengawasan kesehatan dari seluruh civitas akademika SMAN 1 Cianjur dari virus Covid-19.

“Kalau civitas akademika SMAN 1 Cianjur Alhamdulillah mereka semua mengerti dengan kondisi saat ini, karena sebelumnya juga kami sudah diberikan arahan terkait adanya surat edaran dari menteri tersebut dalam pertemuan rapat,” pungkasnya.(*/rik)