Sudah 1.390 Kendaraan Diputarbalikan di Pos Penyekatan Citarum Haurwangi

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Larangan mudik di Kabupaten Cianjur membuat perbatasan dijaga ketat personil gabungan, seperti halnya Pospam perbatasan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung yang terletak di Rest area Citarum Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi.

Dalam operasi penyekatan tersebut untuk mencegah pemudik atau warga Kabupaten Bandung untuk melakukan mudik ke wilayah Kabupaten Cianjur.

Kapospam padal 1 Pos penyekatan Citarum Haurwangi Iptu Kurnadi mencatat per tanggal pertama penyekatan sampai hari Raya Idul Fitri ratusan kendaraan diputarbalikan.

“Pertanggal 6 sampai 13 Mei tim gabungan pos penyekatan Citarum Haurwangi putarbalikan 520 kendaraan yang terdiri dari roda dua dan roda empat,” katanya kepada Radar Cianjur.

Hal tersebut karena beberapa beberapa pemilik kendaraan tidak dapat menunjukan surat keterangan yang berlaku untuk pemudik. Selain itu beberapa warga lokal tidak memakai masker dan helm turut di putarbalikan

“Diputarbalikan kembali karena tidak dapat menunjukan surat keterangan antigen atau anti Covid 19 dan tidak mengindahkan protokol kesehatan Covid 19 seperti memakai masker”tuturnya.

Operasi yang dilakukan Pos penyekatan Citarum Haurwangi dengan penjagaan ketat tersebut terdiri dari beberapa gabungan instansi.

“Kami terjunkan personil yang terdiri dari anggota Polri 24 orang TNI 4 orang, Satpol PP 8 orang, Dishub 4 orang serta dari pihak Dinkes sebanyak 4 orang,”ungkapnya.

Selain itu Pospam Penyekatan Citarum Haurwangi juga melakukan operasi pada H+1 dan mendapati banyaknya pemilik kendaraan yang turut diputarbalikan.

“H+1 menjadi puncak para pemudik sehingga banyak sekali Kendaraan yang diputarbalikan diantaranya terdiri dari 487 roda dua dan 383 roda empat,”tandasnya. (byu)