Cara SMAN 1 Cianjur Sosialisasi PPDB di Masa Pandemi, Dengan Tetap Menerapkan Prokes Secara Ketat

CIANJUR – SMAN 1 Cianjur mengadakan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA di Kabupaten Cianjur, khusus untuk SMP yang berada di wilayah dua Kecamatan Cianjur dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sosialisasi PPDB kali ini diadakan oleh sekolah-sekolah di wilayah dua Kecamatan Cianjur, ada tiga sekolah pengampu, di antaranya yakni SMAN 1 Cianjur, SMAN 2 Cianjur dan SMKN 1 Cianjur.

“Ada 36 SMP atau MTs yang diundang khusus wilayah dua Kabupaten Cianjur atau kecamatan Cianjur Kota, yang kesemuanya diwajibkan untuk memperhatikan protokol kesehatan” tutur Kesiswaan SMAN 1 Cianjur, Asep Suryana.

Menurutnya, dalam pelaksanaan sosialisasi PPDB pihaknya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat diantaranya memakai masker, jarak yang aman antar peserta, disediakan tempat cuci tangan bagi peserta, bahkan para peserta sebelum masuk dicek suhu tubuh oleh petugas.

“Kami mengadakan acara ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan kepada para peserta. Peserta yang diundang di SMAN 1Cianjur ini pada saat memasuki pintu masuk sekolah dicek terlebih dahulu.

Asep menjelaskan, materi yang disampaikan kepada peserta perwakilan sekolah masing-masing terkait persyaratan PPDB, jadwal pelaksanaan alur PPDB, seleksi dan kuota.

“Kalau SMAN 1 Cianjur rencananya yakni 408 orang dengan rincian 12 rombel dikali 34 orang dengan jalur afirmasi sebanyak 20 persen, jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur prestasi sebanyak 25 persen, jalur perpindahan orang tua maupun anak guru sebanyak lima persen. Sedangkan untuk rencana jadwal orang tua atau anak guru sebanyak lima persen. PPDB dibagi dua tahap tahap awal tahap pertama dimulai dari 07 Juni 2021 – 11 Juni 2021 dan tahap kedua dimulai dari 21 Juni 2021,” pungkasnya.(*/rik)