Longsor Cibeber, Lalin Menuju Cianjur Selatan Lumpuh

RADARCIANJUR.com – Musibah Longsor kembali terjadi di Kecamatan Cibeber tepatnya di Kampung Babakan Sereh RT 05 RW 03 Desa Selagedang Senin 17/05/2021.

Menurut informasi yang dihimpun Radar Cianjur material longsor tersebut berasal dari salah satu bukit disepanjang jalan tersebut menutupi arus lalu lintas Cibeber menuju Cianjur selatan dan sebaliknya.

Danramil Koramil Cibeber Kapt. Inf. Frederikus Teda mengatakan, peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan sangat tinggi dan angin kencang.

“Curah hujan dan angin kencang yang tinggi sehingga menyebabkan kondisi tanah tidka kuat menahan, dan akhirnya meterial tanah jatuh menutupi jalan,”katanya.

Akibat dari kejadian ini, arus lalu lintas untuk kendaraan roda dua dan roda empat dari arah Cianjur dan Cianjur selatan terhambat.

“Jalan utama Cibeber menuju Cianjur selatan dan sebaliknya beberapa jam sempat tertutup material longsor,”ungkapnya.

Mendapati kejadian tersebut melalui laporan warga, Koramil Cibeber menerjunkan Babinsa setempat untuk mendatangi lokasi longsor. Pihaknya pun, langsung mengubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cibeber.

“Kami dari Koramil Cibeber turut menerjunkan personil Bhabinsa untuk membantu pihak Polsek mengatur arus lalu lintas,”jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Babinsa, anggota Polsek Cibeber, BPBD serta anggota dari Dinas PUPR Cibeber bersama masyarakat setempat melaksanakan pembersihan material tanah.

“Memantau keadaan sampai saat ini, kendaraan roda dua dan roda empat, sudah bisa melewati secara bergantian dari kedua arah, sambil menunggu alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Cianjur,” bebernya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch Irfan menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut dan telah ada upaya penanganan dari Retana serta pihak-pihak lainnya “tandasnya.(byu)