Pasca Idul Fitri, ASN Kabupaten Cianjur Jangan Malas Kerja

Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Pasca libur lebaran, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Cianjur sudah kembali bekerja dan kembali kepada rutinitas pada umumnya. Namun, di masa pandemi Covid-19, tidak semua ASN kembali bekerja di kantor masing-masing. Beberapa diantaranya bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Untuk mensiasati absensi ASN, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur mengimbau kepada semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan absensi secara virtual. Absensi tersebut dilakukan melalui aplikasi pesan berkirim yakni WhatsApp atau grup, sehingga dapat terpantau dengan mengirimkan lokasi dan keberadaan ASN di lingkungan OPD masing-masing.

Kepala BKPPD Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib mengatakan, sebelum hari raya, pihaknya sudah memberikan imbauan serta arahan mengenai diadakannya absensi virtual tersebut. Hal tersebut dilakukan agar memantau keberadaan dari ASN.

“Sudah dari sebelumnya, jadi setiap kepala OPD bisa memantau masing-masing ASN melalui grup WA,” ujarnya.

Namun, hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai adanya ASN ‘nakal’ yang tidak menaati aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah mengenai adanya larangan mudik bagi ASN di setiap daerah.

“Kita belum terima laporan mengenai adanya pelanggaran yang dilakukan, tapi jika ada, akan kita selidiki terlebih dahulu sebelum memberikan sanksi,” tegasnya. (kim)